CHELSEA ABRAMOVICHok

Sang Kaisar Roman Abramovich Pamit dari Chelsea

Chelsea Resmi di Jual

Chelsea telah mengkonfirmasi kesepakatan untuk penjualan klub kepada Todd Boehly. Sebagai informasi bahwa Roman Abramovich menjual klub tersebut setelah mendapat sanksi yang di timbulkan akibat dari invasi tanah airnnya yaitu (Rusia) ke Ukraina. Sebuah pernyataan singkat di situs web Chelsea.com mengatakan: “Chelsea mengkonfirmasi kesepakatan untuk menjual klub ke konsorsium Todd Boehly/Clearlake Capital dengan transaksi diharapkan akan selesai rampung pada hari Senin.”

Todd Boehly dan rekan-rekan pemimpin konsorsium Clearlake Capital, akan membeli klub Liga Premier itu dengan  kontrak waralaba olahraga sebesar 4,25 miliar Poundsterling.

Salam Perpisahan dari Abramovich

Selanjutnya Abramovich pun mengucapan salam perpisahan resminya, berikut ucapannya di lansir dari situs Chelsea.com :

“Sudah hampir tiga bulan sejak saya mengumumkan niat saya untuk menjual Chelsea FC. Selama waktu ini, tim telah bekerja keras untuk menemukan penjaga yang tepat untuk Chelsea FC yang memiliki posisi terbaik untuk memimpin Klub ke babak berikutnya dengan sukses.

Kepemilikan Klub ini datang dengan tanggung jawab yang besar. Sejak saya datang ke Chelsea hampir dua puluh tahun yang lalu, saya telah menyaksikan secara langsung apa yang bisa dicapai Klub ini.

Tujuan saya adalah untuk memastikan bahwa pemilik berikutnya memiliki pola pikir yang akan memungkinkan kesuksesan bagi tim Pria dan Wanita, serta keinginan dan dorongan untuk terus mengembangkan aspek-aspek kunci lain dari Klub, seperti Akademi dan pekerjaan vital dari Yayasan Chelsea.

Saya senang pencarian ini sekarang telah sampai pada kesimpulan yang sukses. Saat saya menyerahkan Chelsea kepada penjaga barunya, saya ingin mendoakan yang terbaik untuk mereka sukses, baik di dalam maupun di luar lapangan. Merupakan suatu kehormatan seumur hidup untuk menjadi bagian dari Klub ini – saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain, staf, dan tentu saja para penggemar Klub untuk tahun-tahun yang luar biasa ini.

Saya bangga bahwa sebagai hasil dari keberhasilan bersama kami, jutaan orang sekarang akan mendapat manfaat dari yayasan amal baru yang sedang didirikan. Ini adalah warisan yang telah kita ciptakan bersama”. Terima kasih.

Trofi Chelsea di Bawah Kepemilikan Roman Abramovich

UEFA Champoin League (2) kali

The Blues di bawah kepemilikan Abramovich sejak tahun 2003 sampai dengan 2022 berhasil meraih 2 Trofi Liga Champions Eropa. Trofi Pertama  di raih The Blues pada musim 2011-2012 dibawah pelatih Roberto Di Matteo. Kemuadian pada tahun lalu tepatnya musim 2020-2021 The Blues kembali manasbihkan diri kembali menjadi Raja Eropa di bawah asuhan Thomas Tuchel.

Liga Primier Inggris (5) kali

Lima trofi Liga Primier Inggris pada musim 2004-2005 dibawah pelatih The Special One Jose Morinho, setahun berselang 2005-2006 The Blues berhasil mempertahankannya gelar juara dibawah asuhan pelatih yang sama. Musim 2009-2010 kembali Chelsea meraih Juara di bawah asuhan pelatih Carlo Ancelotti. Musim 2014-2015 dan terakhir musim 2016-2017 dibawah asuhan Antonio Conte. Tentu ini sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Chelsea. Sebelum era Abramovich, The Blues hanya sekali juara Liga Inggris tersebut pada tahun 1954-1955.

FA Cup (5) kali

The Blues sukses meraih lima kali Piala FA Cup, selama kepemimpinan Roman Abramovich dengan sebelumnya. Kini Trofi FA Cup The Blues berjumlah delapan Trofi, Terakhir kali The Blues maraihnya pada musim 2017/2018.

EFL atau Juara LIGA (3) kali

Bersama Abramovich The Blues tiga kali menjuarai Trofi Liga, pertama di raih pada 2004-2005.

Community Shield (2) kali

Secara keseluruhan, The Blues  mengoleksi dua trofi Community Shield pada era Roman Abramovich yaitu pada edisi 2005 dan 2009.

Europa League (2) kali

Dua kali menuju Final dan dua kali menjadi Juara Liga Europa League adalah bukti kejayaan era Roman Abramovich. Musim 2012/2013 dan 2018/2019 Skuad The Blues berhasil menyabet Gelar Juara ini.

Piala Super UEFA (1) kali

sepanjang sejarah mereka Chelsea akhirnya berhasil menambah trofi Piala Super UEFA bersama Roman Abramovich pada musim 2021. The Blues sukses mengalahkan Villarreal yang jadi juara Europa League 2020/2021.

Piala Dunia Antarklub (1) klai

Trofi ini diraih The Blues pada era Abramovich, tepatnya pada musim 2021 setelah mengalahkan Palmeiras di Laga final. Trofi ini pun melengkapi daftar delapan macam trofi yang berhasil mereka menangkan di bawah era Roman Abramovich.