Tehnik Latihan Penjaga Gawang Sepak Bola

Tugas seorang penjaga gawang sepak bola sejauh ini adalah tugas yang paling sulit dari semua pemain sepak bola. Karena bisa saja ada kemungkinan jika seorang bek, gelandang atau penyerang dapat membuat kesalahan dari waktu ke waktu selama pertandingan akan tetapi kesalahan penjaga gawang sepak bola akan jauh lebih terlihat mencolok. Dibandingan tugas penjaga gawang di masa awal lahirnya permainan sepak bola tugas penjaga gawang memiliki lebih banyak fungsi daripada sebelumnya. Mereka harus bisa mengoordinasikan pertahanan, terkadang mereka perlu bertindak sebagai penyapu, dan mereka dapat melakukan serangan balik yang mematikan setelah penyelamatan bola dilakukan.

Tentu saja, agar semua ini terjadi, penjaga gawang harus menjalani pelatihan ekstensif dengan menggunakan latihan penjaga gawang sepak bola tertentu. Latihan semacam itu berfokus pada pelatihan penjaga gawang sepak bola seperti mobilitas, fleksibilitas, kelincahan, dan refleks daripada pengkondisian fisik. Mari kita lihat beberapa latihan kiper sepak bola populer yang bisa Anda coba dengan tim Anda.

1 vs 1

Ini adalah latihan penjaga gawang sepak bola yang sangat umum dilakukan. akan tetapi sangat efektif, karena penjaga gawang pasti berada dalam situasi 1 lawan 1 dengan penyerang lawan di hampir setiap pertandingan. Terlebih lagi, di level amatir atau pemula, di mana pertahanannya kurang ketat daripada profesional, penjaga gawang sering bermain satu lawan satu, jadi Anda harus melatih mereka dengan baik.

Untuk penjaga gawang sepak bola semacam ini sangat sederhana untuk dilakukan. Bawa penyerang sekitar 20-30 yard dari gawang dan suruh dia berlari ke arah gawang dengan kecepatan penuh dengan bola di kakinya dan mencoba untuk mencetak gol. Tentu saja, penjaga gawang Anda harus melawannya. Untuk sedikit mencampuradukkan, Anda dapat meminta pemain lain mengoper ke penyerang, yang memungkinkan penjaga gawang membuat keputusan tambahan apakah akan maju kedepan atau tetap diam dan menunggu penyerang.

Baca Juga  Tips Memilih Sarung Tangan Yang Tepat Bagi Keeper

Tembakan Otomatis

Selanjutnya Latihan Penjaga Gawang Sepak Bola, Mintalah 8-10 pemain berdiri 20-30 yard dari gawang, masing-masing dengan bolanya sendiri. Atas aba – aba dari Anda, penyerang harus bergantian berlari ke depan dan menembak bola dari jarak yang telah Anda tentukan. Penjaga gawang Anda harus terus-menerus dihujani tembakan, melompat dari satu tiang ke tiang lainnya untuk menyelamatkan bola. Tidak masalah apakah dia menyelamatkan mereka atau tidak, yang penting adalah dia belajar untuk bereaksi dengan cepat dan bangkit dari lantai dengan cepat dan siap untuk pukulan lain.

Untuk sedikit mempercepat permainan, Anda mungkin memiliki tim lain yang terdiri dari 8-10 pemain di belakang jaring yang mengembalikan bola ke regu tembak.

Ab Volley

Ini adalah salah satu latihan penjaga gawang sepak bola yang paling sulit, tetapi jika dilakukan dengan benar, ini sangat efektif. Cara kerjanya adalah keeper Anda harus tetap berada di posisinya ,
Sambal melakukan gerakan crunch . Gerakan crunch hampir mirip dengan sit-up. Akan tetapi, gerakan ini hanya mengangkat tubuh bagian atas saja, yaitu kepala dan bahu. Anda atau rekan satu tim harus melempar bola ke arahnya dan saat dia melakukan crunch, dia akan mengopernya kembali kepada Anda.
Berian aba – aba sehingga Anda melempar bola saat kiper Anda bangkit dari crunch dan berusaha untuk tidak memberinya terlalu banyak istirahat. Ini adalah latihan yang intens, tetapi hasilnya akan segera cepat terlihat, jadi pastikan Anda mendorongnya dengan memberi semangat untuk terus melakukannya!
Pastikan juga untuk tetap menjaga kesehatan, makanan dan istirahat yang ckup. Supaya tubuh anda bisa memberikan performa yang bagus selama latihan maupun laga berlangsung

Baca Juga  Antonio Rüdiger Tinggalkan Chelsea Gabung Real Madrid