posisi dalam permainan bola voli

Posisi Dan Peran Pemain Dalam Bola Voli

Semua permainan olahraga ada aturannya termasuk permainan bola voli. Dan semua pemain wajib mempelajari aturan serta perannya masing – masing. Pertimbangkan posisi yang ada dalam bola voli dan perannya masing-masing, distribusi tempat di lapangan dan karakteristik peserta dalam peran tertentu.

Lapangan vola boli dengan panjang 18 m dan lebar 9 m, yang dikelilingi oleh zona bebas. Lebarnya di sisi yang lebih besar dari situs adalah 3-5 m, di sisi yang lebih kecil – 3-8 m Jaring ditempatkan secara ketat di tengah lapangan. Berikut ini adalah beberapa peran ataupun posisi di dalam tim permaian bola voli :

Nomor 1: Server

Seorang server bertugas menjalankan pukulan pertama yang ditandai sebagai awalnya permainan atau biasa disebut dengan rally. Tugas ini biasanya selalu bergilir dan setiap pemain pasti ada gaya khasnya masing-masing, kemudian pemain ini bisa melaksanakan peran lain seperti setter maupun sebagai pemain yang bertugas melakukan pertahanan (defender). Posisi dalam pengambilan servis selalu bergilir dan bergantung pada perpindahan point. Dan sebaliknya jika pointnya terus bertambah maka server akan melanjutkan servis bola.

Nomor 2 dan 4: Spiker/Smasher

Eksistensi seorang spiker di dalam sebuah tim bola voli memangku peran penting yaitu sebagai pemain yang melakukan serangan yang biasanya disebut dengan smash atau spike ke daerah permainan lawan. Peran berikutnya untuk posisi ini adalah menjadi seorang blocker yaitu menahan serangan dari lawan apabila lawan melakukan serangan balik.

Nomor 3: Tosser

Urutan posisi tosser di dalam permainan bola voli berada di nomor 3. Tosser juga disebut dengan set-upper merupakan pemain yang bertindak dalam memberikan umpan kepada spiker/smasher. Dalam permainan bola voli, seorang tosser juga bisa membuat gerakan tipuan seperti membiarkan bola diambil oleh spiker yang berada di dibelakangnya. Posisi ini juga sangat penting, karena tidak semua orang bisa melakukan tos bola dengan baik.

Posisi nomor 5 dan 6: Defender/Libero

Posisi ini bertugas dalam hal pertahanan untuk menerima serangan dari lawan dalam sebuah rally. Seorang libero berada tepat di garis belakang permainan. Posisi sebagai libero terlihat sangat menonjol dalam sebuah tim bola voli dikarenakan seragam yang digunakan berbeda dengan seragam tim nya sendiri. Seorang libero sangat menentukan baik atau buruknya permainan.

Semua posisi maupun peran  masing-masing pemain sangat berpengaruh dengan kekompakan tim itu sendiri. Apabila ada salah satu anggota tim yang punya sifat ego, maka ini akan merusak suasa permainan. Biasanya setiap tim mempunya trik dalam membuat kode permainannya sendiri.

Berbeda halnya dengan voli pantai yang mungkin cuma ada dua orang pemain dalam satu tim. Juga ukuran lapangan yang sedikit lebih kecil dari permainan voli lapangan.

Jika anda menyukai salah satu peran di dalam permainan volu, maka anda harus berlatih dengan maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan tidak kalah penting dalam sebuah permainan adalah adanya supporter yang selalu mendukung jalannya permainan.