LATIHAN DASAR BERMAIN BASKET PERGERAKAN KAKI

Latihan Dasar Bermain Basket : Gerakan Kaki

Latihan Dasar Bermain Basket

Pasti seru nonton basket. Namun bagi para pemain, game ini bukan hanya sekedar kesenangan tetapi sebuah tantangan.

Ada banyak tekanan yang dialami pemain ketika mereka memulai bermain di lapangan. Tentu saja para pemain berkomitmen untuk membuat tim unggul dengan mengumpulkan poin lebih banyak dari lawan. Selain itu, hampir semua pemain ingin tampil memukau penonton.

Dalam tradisi Michael Jordan, Shaquille O’Neal, dan Dennis Rodman, setiap pemain bola basket bermimpi menjadi ikon dalam olahraga. Itulah sebabnya hampir semua trik dalam bola basket di ungkap

Ada juga lebih banyak berlatih dari pelatih yang menawarkan diri untuk membantu pemain mengembangkan sikap dan keterampilan bola basket yang sesuai. Hampir semua aspek mental dan fisik bermain bola basket dilatih dan diserap secara terbuka oleh para pemainnya.

Pergerakan Kaki

Gerakan kaki yang kuat merupakan salah satu keterampilan dan karakteristik dasar yang harus dimiliki seorang pemain bola basket untuk menjadi pemain yang baik. Disamping itu ada hal yang penting yang harus di perhatikan salah satunya adalah kekuatan kaki saat bermain.

GERAK KAKI BERMAIN BOLA BASKET

Gerak kaki yang kuat sangat penting dalam menjalankan tugas dan teknik dasar bola basket seperti bertahan, rebound, penanganan bola, dan lainnya. Permainan Bola Basket membutuhkan fisik yang baik, jadi tanpa dasar yang kuat dari kekuatan kaki, Anda bisa dengan mudah tersandung atau jatuh ke tanah.

Karena pada dasarnya Anda berlari, melompat, membungkuk dan berjalan selama permainan bola basket, gerakan kaki Anda harus dibangun dan direncanakan dengan baik. Selain itu, selama, sebelum dan sesudah permainan, disarankan untuk melakukan aktivitas fleksi, relaksasi, dan pemanasan untuk mempersiapkan kaki Anda menjadi lebih kuat di setiap permainan.

Tips Gerakan Kaki Permainan Bola Basket

Karena gerakan kaki merupakan aspek penting dalam bermain bola basket, berikut adalah beberapa tips yang akan sangat membantu Anda untuk membuat landasan yang baik saat memainkan permainan bola basket.

Penyangga Kaki Tetap Lebar dan Pivot (Berputar) yang Baik

Mencapai keseimbangan tubuh yang baik selama pertandingan. Disarankan untuk menjaga penyangga kaki tetap lebar. Bagaimana kamu melakukan ini? Cukup pisahkan kedua kaki Anda setidaknya selebar bahu. Tekuk lutut sedikit dan jaga agar kepala tetap di atas titik tengah di antara area yang ditutupi oleh kaki. Pose ini akan memberikan tubuh Anda keseimbangan secara keseluruhan dengan baik. Sambil berdiri di lapangan basket terbuka, latih posisi tubuh agar seimbang. Ambil titik fokus yang baik. Jika Anda memiliki posisi pivot yang baik, Anda dapat dengan mudah berbalik dan berlari dari kiri ke kanan, maju atau mundur.

pivot basket
terknik pivot (berputar)

Pivot (Berputar) yang baik sangat penting untuk strategi pertahanan. Ambil poros cepat dengan menanam kaki Anda di tanah. Kemudian mencapai keseimbangan tubuh yang tepat. Dengan cara ini, Anda pasti siap untuk putaran pivot yang cepat dan mengejutkan.

Selain latihan gerakan kaki yang biasa dilakukan, ada juga beberapa latihan yang cukup sederhana yang tentunya akan membantu meningkatkan gerakan kaki baik untuk tugas defensif maupun ofensif dalam bermain bola basket. Berikut adalah beberapa di antaranya :

Rentangkan kaki selebar bahu

Sebagai bentuk latihan, tekuk lutut, dan ambil posisi berdiri yang tepat dengan merentangkan kaki selebar bahu. Kemudian langkah samping. Di akhir, ambil langkah kecil ke kiri atau ke kanan, lalu belok ke jalur pendek. Gerakan lateral akan membantu Anda mencapai gerakan lateral yang baik dan stabil. Lompat satu kaki ke depan dari sisi nada lapangan basket sampai Anda berada di tengah lapangan. Turunkan satu kaki dan gunakan yang lain saat Anda melompat ke depan ke ujung lapangan yang lain. Latihan ini menargetkan otot-otot paha dan lutut, mengimbangi gerakan kaki yang semakin kuat.

Jogging

Latihan jogging dan lari secara teratur terbukti efektif dalam meningkatkan mobilitas pemain bola basket. Di pagi hari, atau kapan pun ada waktu gunakan untuk jogging. Juga disarankan jika Anda menggunakan treadmill.

jogging
sumber gambar : merdeka.com

Tidak mungkin bermain basket jika Anda tidak memiliki kekuatan kaki yang baik. Karena permainan bola membutuhkan fisik yang baik, Anda harus memastikan bahwa Anda melatih kaki Anda dengan baik sebelum pertandingan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci