BINTANG LAPANGAN

Latihan Menjadi Pemain Voli Profesional

Bermain Bola Voli

Untuk menjadi pemain bola voli yang hebat, Anda harus kuat, energik, cakap, dan mampu menangani bola dengan cekatan. Cakupan persyaratan ini membutuhkan sesi pelatihan yang khusus. Ada banyak anjuran yang berbeda tentang cara terbaik untuk mencapai tujuan ini, tetapi sebagian besar pelatih dan pakar setuju bahwa penting untuk mengikuti kursus pelatihan yang mencakup sejumlah besar jenis latihan berbeda yang akan membantu Anda mengembangkan semua kemampuan ini. Mempersiapkan musim kompetisi voli di lapangan yang akan datang membutuhkan berbagai latihan kekuatan, peningkatan daya tahan, dan teknik yang lebih baik.

Servis Akurat

Banyak orang yang ingin meningkatkan permainan bola voli mereka menghabiskan banyak waktu berlatih gerakan penting seperti melakukan servis dan memukul bola. Ini adalah dasar-dasar permainan, dan jika Anda tidak dapat melakukan servis dengan akurat dan memukul dengan banyak kekuatan atau tenaga, Anda mungkin tidak akan dapat memberikan banyak dukungan kepada tim Anda. Penting untuk sedikit mengenal elemen-elemen bola voli ini sebelum Anda mulai berfokus pada aspek lain yang kurang penting dari permainan Anda. Intinya jangan melanjutkan ke sesi latihan yang lain sebelum anda bisa menguasinya satu per satu.

Kekuatan Fisik

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang manuver dan kunci permainan, inilah saatnya untuk memastikan bahwa Anda adalah atlet terkuat dan tercepat yang bisa membuat pemain lain kagum. Memiliki loncataan tinggi tidak akan sangat membantu jika Anda tidak pernah bisa mendapatkan bola! Ingatlah, penting sekali untuk bisa melatih tubuh bagian bawah dan atas Anda untuk menjadi pemain bola voli yang hebat. Anda akan memerlukan lengan dan bahu yang kuat untuk mengirim bola, jadi angkat beban untuk mengembangkan bisep dan otot tubuh bagian atas lainnya adalah bagian penting dari setiap latihan bola voli. Penting juga untuk meluangkan waktu untuk mengembangkan kaki dan tubuh bagian bawah Anda, terutama betis Anda, karena ini dapat membantu Anda melompat ke udara. Kaki yang kuat adalah mesin yang dapat menggerakkan anggota tim bola voli yang baik. Seorang pemain yang memiliki waktu dan dedikasi untuk meningkatkan semua kelompok otot yang berbeda ini akan memiliki keuntungan yang signifikan atas lawan yang hanya berfokus pada satu atau yang lain.

Kelincahan

Selain itu setelah Anda meningkatkan kekuatan dan keterampilan Anda, saatnya untuk fokus pada kelincahan. Semakin ringan Anda berdiri, Anda akan menjadi pemain yang lebih aman dan efisien. Dalam permainan bola voli lapangan, sangat penting untuk dapat bergerak dengan cepat, menghindari benturan dengan pemain lain. Setiap pemain bola voli bisa mendapatkan keuntungan dari meningkatkan refleks mereka.

Sebagian besar cedera di lapangan terjadi ketika pemain saling bertabrakan saat berlari, melompat, atau menyelam untuk mendapatkan bola. Jika Anda belajar untuk langsung bereaksi terhadap gerakan pemain lain, Anda dapat melindungi diri sendiri dan rekan tim Anda dari insiden umum dan seringkali menyakitkan.

Kontrol Emosi

Selain dari latihan fisik. Latihan mengontrol emosi sangatlah penting. Misalnya ketika anggota tim kita tidak bisa mengoper bola dengan baik, atau tidak bisa melakukan servis dengan baik. Maka jangan marahi dia, itu akan membuat kerja sama tim berantakan.

Apabila hal di atas bisa anda lakukan. Maka anda akan menjadi salah satu bintang lapangan nantinya. Tidak hanya di tim sendiri, mungkin ada juga orang yang akan menyewa tenaga anda sebagai seorang pemain voli yang terampil.