metode kakeibo-cara efektif mengelola keuangan rumah tangga

Metode Kakeibo: Tips Efektif Mengelola Keuangan Rumah Tangga untuk Pemula

Jika kamu merasa kebingungan mengelola keuangan rumah tangga agar bisa mencapai akhir bulan dengan baik, jangan khawatir. Pengelolaan keuangan rumah tangga memang menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengatur keuangan dengan baik, kamu dapat memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan finansial yang diinginkan. Salah satu metode efektif yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan rumah tangga adalah metode Kakeibo.

Apa Itu Metode Kakeibo?

Portofolio Indonesia melaporkan bahwa metode Kakeibo berasal dari Jepang dan merupakan salah satu cara pengelolaan keuangan rumah tangga. Kata “Kakeibo” memiliki arti “catatan keuangan rumah tangga”. Metode ini awalnya dikembangkan oleh Motoko Hani pada tahun 1904 dan telah bertahan selama 100 tahun. Dalam mengatur keuangan, Kakeibo dikatakan sangat efektif.

Menerapkan metode Kakeibo sangatlah mudah dan sederhana untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara prinsip, metode ini meminta kita untuk mencatat semua pengeluaran dan pendapatan setiap harinya, mingguan, dan bulanan. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih memantau keuangan dengan baik, mengetahui jumlah uang yang dikeluarkan, serta memastikan bahwa keuangan yang kita miliki digunakan secara bijak.

Empat Hal yang sering ditanyakan tentang Metode Kakeibo

1. Metode Kakeibo memiliki empat pertanyaan yang perlu kita pertimbangkan dalam mengelola keuangan, yaitu:
2. Berapa banyak uang yang kita miliki setiap bulan atau tahun?
3. Berapa banyak uang yang ingin kita tabung?
4. Berapa banyak uang yang akan kita belanjakan?

Dengan mengetahui jawaban atas keempat pertanyaan tersebut, kita dapat meningkatkan pengelolaan keuangan dengan lebih baik.

Berikut adalah cara menerapkan metode Kakeibo:

1. Menentukan arah Keuangan Berjangka

Langkah awal dalam menerapkan metode Kakeibo adalah menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan keuangan jangka pendek meliputi pengeluaran rutin seperti membayar tagihan, belanja kebutuhan sehari-hari, atau biaya transportasi. Sementara itu, tujuan keuangan jangka panjang bisa mencakup menabung untuk membeli rumah, menyiapkan dana pensiun, atau mengumpulkan dana pendidikan anak.

Baca Juga  5 Kiat Berinvestasi Selama Resesi

Setelah menetapkan tujuan keuangan, kita perlu menentukan target yang realistis dan dapat dicapai dalam waktu tertentu. Dalam langkah ini, kita bisa menghitung berapa jumlah uang yang harus dikumpulkan dan seberapa banyak investasi yang harus dilakukan secara rutin pada aset dengan potensi return tertentu untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Menyusun Anggaran

Setelah menetapkan tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran keuangan. Kita dapat membagi uang yang dimiliki ke dalam beberapa pos pengeluaran, seperti:

  • Survival: meliputi kebutuhan pokok seperti pembayaran cicilan, makanan, dan lain-lain.
  • Optional: mencakup kebutuhan hiburan seperti liburan, menonton, dan sebagainya.
  • Culture: meliputi kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas diri seperti mengikuti kursus, membeli buku, majalah, dan lain-lain.
  • Extra: mencakup pengeluaran lainnya seperti memberikan hadiah ulang tahun kepada kerabat, biaya perawatan, servis mobil, dan lain-lain.

3. Review dan Evaluasi

Pada tahap ini yang perlu dilakukan adalah evaluasi secara rutin dan berkala, artinya Evaluasi ini bertujuan agar kita dapat memantau kondisi keuangan kita dengan lebih baik dan mengetahui apakah ada perubahan yang perlu dilakukan atau tidak. Evaluasi bisa dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.

Dalam melakukan evaluasi, kita perlu membandingkan pengeluaran yang telah kita catat dengan anggaran yang telah kita tetapkan. Jika pengeluaran kita melebihi anggaran yang telah ditetapkan, maka kita perlu melakukan pemangkasan pengeluaran pada pos-pos tertentu. Namun, jika pengeluaran kita masih cukup jauh di bawah anggaran yang telah kita tetapkan, maka kita bisa mempertimbangkan untuk menambah pengeluaran pada pos-pos tertentu atau bahkan menambah jumlah uang yang kita sisihkan untuk ditabung.

Metode Kakeibo sangat efektif untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Metode ini bisa sangat menentukan kita agar dapat memantau pendapatan serta pengeluaran dengan pasti, membuat rencana, serta meningkatkan pengalaman untuk mengambil keputusan keuangan. Dengan terus melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap anggaran, kita dapat mencapai tujuan keuangan yang diinginkan dan menjalani hidup yang lebih stabil secara finansial. walaupun kakeibo populer dan berasal dari Jepang, namun tidak ada salahnya kita mencoba untuk mempraktekannya. Oleh karena itu, mari kita menerapkan metode Kakeibo dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatur keuangan kita dengan lebih efektif.

Baca Juga  Pengertian Finansial Aset (Aset Keuangan), Contoh dan Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *