JENIS DAN CONTOH ASET KEUANGAN
JENIS DAN CONTOH ASET KEUANGAN

Pengertian Finansial Aset (Aset Keuangan), Contoh dan Jenisnya

Aset keuangan adalah aset yang biasanya tidak berwujud fisik seperti aset nyata seperti emas, rumah atau tanah. Pengetahuan tentang aset keuangan itu sendiri diperlukan di dunia investasi. mari mengenal lebih jauh tentang asek keuangan contoh dan jenisnya

Definisi aset keuangan

Menurut Standar Pelaporan Keuangan Internasional atau IFRS, definisi aset keuangan adalah aset yang dapat dinyatakan setara dengan nilai uang tunai. Selain itu, aset keuangan juga dapat disebut sebagai instrumen ekuitas yang dikeluarkan dari lembaga lain. Pemahaman lain tentang aset keuangan atau aset keuangan adalah hak janji yang dapat digunakan untuk menerima uang tunai atau aset berharga lainnya yang dikeluarkan dari lembaga dengan berbagai syarat dan ketentuan.

Jenis Aset Keuangan

Secara umum, jenis aset keuangan dibagi menjadi 3 bagian besar, yaitu aset lancar, investasi jangka panjang, dan ekuitas. Penjelasan dari masing -masing jenis adalah sebagai berikut.

Aset lancar

Aset lancar adalah aset dalam bentuk uang tunai dan / atau saldo rekening saat ini di bank, serta kekayaan lain yang dapat ditukar dengan uang tunai atau rekening berjalan atau dijual atau dihabiskan dalam operasi perusahaan. Periode waktu untuk aset lancar biasanya jangka pendek sekitar 1 tahun atau 1 siklus periode perusahaan. Contoh aset lancar adalah tunai, saldo akun di bank, sekuritas jangka pendek, dan banyak lagi.

Investasi jangka panjang

Jenis aset keuangan kedua adalah investasi jangka panjang. Menurut penunjukannya, investasi jangka panjang ini terdiri dari aset yang tidak dicairkan dalam waktu kurang dari satu tahun. Biasanya seseorang akan berinvestasi dalam waktu yang lama untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Investasi jangka panjang tidak digunakan untuk memenuhi atau mendukung kebutuhan dasar. Contoh investasi jangka panjang adalah saham, obligasi, sekuritas, dana tujuan khusus, dan lahan yang digunakan untuk lokasi bisnis.

Ekuitas

Jenis aset keuangan terakhir adalah ekuitas. Ekuitas adalah tanda hak properti bagi pemegang aset perusahaan yang pengukurannya dilakukan dengan melihat perbedaan antara aset dan kewajiban. Contoh ekuitas adalah perusahaan individu, kemitraan, dan perusahaan.

Contoh Aset Keuangan

Contoh aset keuangan sendiri sangat banyak jumlahnya dan telah disebutkan beberapa kali dalam penjelasan sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, Anda akan membahas contoh -contoh aset keuangan lebih sepenuhnya di bawah ini.

Contoh aset lancar

Piutang: Tagihan sebagai perusahaan mengklaim kepada pelanggan dan pihak lain yang muncul karena kegiatan perusahaan.

Uang Tunai: Berasal dari kata uang tunai yang berarti koin atau kertas, cek, dan uang yang Anda hemat di bank yang dapat Anda cair.

Efek jangka pendek: biasa digunakan oleh perusahaan dalam waktu singkat untuk memainkan uang tunai yang ada.
Contoh investasi jangka panjang

Saham: Bentuk kepemilikan aset atau perusahaan yang berharga, suatu bentuk kepemilikan biasanya dikonversi dalam bentuk persen.

Obligasi: Instrumen investasi mirip dengan saham, dengan jumlah laba yang lebih tertentu.

Cryptocurrency: Jenis investasi mata uang digital dengan tingkat fluktuasi yang relatif tinggi, sehingga investor perlu belajar crypto terlebih dahulu dan memperhatikan pergerakan pasar untuk dapat memperoleh keuntungan.

Contoh ekuitas

Ekuitas Pemegang Saham: Jumlah aset yang diberikan kepada pemegang saham setelah mengurangi nilai kewajiban.

Ekuitas Pemilik: Jumlah kepemilikan yang Anda miliki terhadap bisnis Anda dengan mengurangi aset dengan kewajiban.

Aset keuangan adalah salah satu aset yang harus dimiliki semua orang. Salah satu jenis aset keuangan adalah investasi yang dapat memberikan penghasilan pasif untuk dijamin di usia tua.

Pada Mei 2022, jumlah investor di bidang aset crypto memiliki total 6,5 juta orang, peningkatan hingga 50% dibandingkan dengan tahun lalu. Ini merupakan angka yang fantastis !