7 Investasi di Tahun 2022, Investasi Saham masih Nomor Satu

Kamu perlu tahu investasi di tahun 2022 yang bisa mendatangkan uang menjanjikan untuk Kamu. Merupakan investasi yang bisa Kamu pilih untuk berbagai keperluan investasi seperti dana pensiun, membeli rumah dan keperluan lainnya sesuai keinginan Kamu. mari simak pembahasannya.

1. Investasi pada saham

Saham adalah salah satu pilihan investasi untuk tahun 2022. Sekuritas ini diterbitkan oleh emiten sebagai tawaran bagi hasil yang besar ketika perusahaan mendapat untung.

Potensi keuntungan yang bisa Kamu peroleh tergantung dari keuntungan yang diperoleh penerbit. Semakin baik kinerja emiten, semakin banyak uang yang bisa Kamu dapatkan.

Saham dapat dikamulkan baik untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam jangka pendek, kita biasanya mengenal ini sebagai perdagangan saham.

Hal ini karena di pasar modal, Kamu membutuhkan perantara yang akan mengurus modal Kamu dengan sebaik mungkin. Pilih platform saham yang memiliki legalitas dan terdaftar pada OJK.

2. Investasi di real estat

Meski masih dalam kondisi pandemi, investasi real estate tetap menjadi investasi di tahun 2022. Investasi ini akan membawa manfaat yang tak terukur di masa depan jika Kamu merawatnya dengan baik.

Investasi tersebut dapat berupa bangunan atau tanah. Tanah tidak perlu dirawat, tetapi bangunan perlu mengeluarkan sejumlah uang agar tetap terlihat bagus setiap saat. Kamu juga dapat menyewakannya kepada orang lain untuk mendapatkan penghasilan pasif setiap bulan atau tahun. Investasi ini memang paling cocok untuk perencanaan investasi dalam jangka panjang.

Baca Juga  5 Kiat Berinvestasi Selama Resesi

Usahakan membeli properti yang berada di lokasi yang strategis. Biasanya cepat laku dan diminati oleh orang lain. Namun, tentunya Kamu perlu menyiapkan modal yang sepadan. Pastikan properti yang Kamu beli memiliki surat lengkap untuk memudahkan proses penjualan.

3. Deposito

Kamu cukup menyetor dana ke bank, menahannya di sana selama bertahun-tahun, dan kemudian menarik dana tersebut saat jatuh tempo. Uang Kamu akan meningkat setidaknya 4% per tahun. Hanya dengan menyimpannya, Kamu akan mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Untuk menerima manfaat berdasarkan ketentuan di awal, Kamu harus menarik dana setelah periode deposit. Misalnya, Kamu berniat menyimpannya selama 3 tahun, artinya Kamu baru bisa menarik dana setelah 3 tahun. Bank mungkin mengizinkan Kamu untuk menarik dana dari deposit sebelumnya, tetapi Kamu tidak akan menerima bunga, dan Kamu juga akan dikenakan denda.

4. Obligasi

Obligasi atau biasa disebut surat utang dikeluarkan oleh pihak pemerintah atau pihak swasta yang memerlukan dana. Untuk layanan pembelian obligasi, kupon atau bunga akan diberikan kepada investor yang membelinya. Manfaat yang ditawarkan mulai dari 4,95% per tahun. Lebih dari setoran apa pun. Tak heran, selain deposito, investor akan memilih obligasi.

Untuk membeli obligasi, Kamu harus menunggu penerbit yang disebutkan tadi membuka penawaran di pasar modal. Karena Kamu tidak dapat melakukannya sendiri, Kamu harus memilih mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh penerbit obligasi.

5. Investasi di Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi lainnya. Di sini, modal Kamu akan digabungkan dengan modal investor lain, kemudian dimasukkan ke dalam surat berharga yang ada dalam bentuk reksa dana. Ada berbagai jenis reksa dana untuk Kamu. Investasi berisiko rendah yaitu reksa dana pasar uang, diikuti dengan investasi berisiko sedang yaitu reksa dana saham. Keduanya memberikan manfaat yang Kamu harapkan. Berinvestasi di reksa dana paling cocok untuk pemula karena ada manajer investasi yang akan memberikan gambaran kemajuan investasi Kamu. Kamu tinggal menunggu laporan saja.

Baca Juga  3 Instrument Investasi Jangka Pendek

Perlu Kamu ingat bahwa semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula potensi keuntungan yang akan Kamu terima. Namun tenang saja, karena pengelolaan investasi reksa dana sepenuhnya menjadi tanggung jawab manajer investasi. Ini adalah perusahaan yang mengelola dana investor, jadi pastikan untuk memilih perusahaan dengan kinerja yang baik.

6. Investasi Emas

Emas adalah investasi yang dapat Kamu kamulkan. Emas yang digunakan sebagai alat adalah berupa logam mulia.

Harga emas bisa naik setiap tahun, jadi ini adalah investasi yang bagus dalam jangka panjang. Keuntungan lainnya adalah meskipun jatuh, harganya tidak akan turun. Kerugian yang Kamu alami kecil. Kamu bisa naik lagi keesokan harinya.

Emas telah menjadi tkamu kemewahan logam sejak zaman kuno. Emas juga dianggap sebagai instrumen paling tangguh di tengah badai krisis ekonomi.

Yang penting adalah memilih investasi emas untuk melindungi aset Kamu. Sekarang mudah untuk membeli dari agen terpercaya. Di Indonesia, bahkan ada BUMN yang mencetak produk emas terbaik. Saran untuk ini adalah Kamu perlu menyediakan tempat yang layak untuk menyimpan emas dalam waktu yang lama. Pastikan tempat itu aman dan tidak diketahui siapa pun kecuali orang yang Kamu percayai.

Hal ini karena emas rentan terhadap pencurian. Jika Kamu ingin menyimpannya di lembaga yang terpercaya, Kamu perlu membayar biaya penyimpanan bulanan atau tahunan.

7. P2P (Peer to Peer ) Lending

P2P lending resmi diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016. Penerbitan pinjaman menggunakan P2P Lending sangat mudah dan cepat, terutama jika pemberi pinjaman memiliki lebih banyak dana, tetapi tidak tahu ke mana harus mengalokasikannya. Tingkat bunga pinjaman yang diterima memiliki nilai yang signifikan, yang membuatnya lebih menguntungkan.

Baca Juga  KELEBIHAN INVESTASI JANGKA PENDEK YANG MENGUNTUNGKAN

Pemberian pinjaman melalui sistem P2P Lending juga memudahkan pemberi pinjaman untuk mendiversifikasi investasinya, sehingga meningkatkan peluang pengembalian yang lebih besar. Risiko gagal bayar dapat diminimalkan dengan diversifikasi portofolio.

Ini dia investasi yang bisa kamu pilih di tahun 2022. Semua investasi di atas memiliki pengembalian dan risiko. Yang harus Kamu lakukan adalah mempelajari instrumen sampai kamu mengenalnya dengan baik. Perlu diingat baik-baik Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dalam semalam, jadi kamu juga perlu bersabar menunggu keuntungan tersebut. Untuk mencapai tujuan, kamu juga harus berusaha secara konsisten. Selamat berinvestasi salam sukses!