Cara Mengontrol Keuangan Pribadi Mahasiswa
Cara Mengontrol Keuangan Pribadi Mahasiswa

Cara Mengontrol Keuangan Pribadi Mahasiswa

Membuat anggaran bukanlah hal yang sulit. Yang harus Anda lakukan adalah menyisihkan waktu untuk membuat pengaturan dan perencanaan. Jika telah dibuat, anggaran dapat dengan mudah dikelola. Penghasilan dari pekerja sebesar apa pun yang mereka dapatkan tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka, jika tidak dikelola dengan benar. Sekarang untuk itu kami akan memberikan tips tentang cara mengontrol keuangan pribadi.

Di sisi lain, peningkatan biaya hidup semakin tak terbendung. Jika Anda tidak pintar untuk mengelola keuangan, itu tidak menguntungkan tetapi Anda dapat mengumpulkan hutang. Karena ketidaktahuan Anda untuk mengelola keuangan Anda, sehingga keuangan Anda menjadi tidak teratur.

Tidak ingin terus terperosok dalam mengelola keuangan, berikut adalah cara cerdas yang dapat ditiru tentang bagaimana mengontrol keuangan pribadi mahasiswa.

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Memang benar jika Anda memiliki tujuan yang pasti akan membuatnya lebih mudah untuk mengelola keuangan pribadi. Ini juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan. Misalnya jajan bulan ini, Anda ingin menghemat 40% dari jajan Anda sehingga Anda harus mengesampingkan keinginan Anda. Metode ini sangat bagus sehingga keuangan Anda bisa stabil.

2. Buat Rencana Pengeluaran

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka untuk tiga hal penting yaitu: makanan, perumahan, dan transportasi. Ada juga pembayaran hutang, tabungan, biaya untuk rumah, dan barang -barang opsional seperti hiburan.

Anda lebih baik membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pada masing-masing pos.

3. Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan

Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. salah satu contoh tawaran seperti promosi diskon, hadiah untuk liburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik hati konsumen. Apalagi mahasiswa yang suka ikut trend.

Tetapi jika kita mengetahui trik mereka, itu akan membuat kita dapat menahan godaan penawaran ini. Yang lebih mudah adalah segera mengatakan tidak dari semua penawaran ini.

4. Lacak Pengeluaran Pribadi

Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu juga dapat menyaring pengeluaran yang tidak diperlukan, ingatlah anda masih mahasiswa jadi jangan makan di restoran yang mahal. Sesekali ya, bolehlah.

5. Membeli Produk Serupa Dengan Harga Lebih Murah

Penentuan harga produk di toko sebenarnya bisa jauh lebih mahal daripada harga awal produk. Jika ketika Anda ingin membeli produk dan melihat harga yang lebih rendah terdaftar di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko itu.

6. Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Toko

Situs ulasan produk, dan gudang diskon online sering memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana menemukan penawaran terbaik.

Terutama jika ada penawaran pengiriman gratis, dapat melakukan pembelian online sebagai salah satu opsi yang tepat.

7. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber

Di zaman sekarang ini, apa pun bisa terjadi. Kurangnya keamanan pekerjaan di pasar saat ini membuat siapa pun kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji. Manfaatkan waktu luang anda di hari libur untuk mencari pekerjaan sebagai freelancer.

Tapi ini ditingkatkan jika ada sumber pendapatan kedua. Cari ide tentang cara mendapatkan lebih banyak uang.

8. Mulai Bisnis Sendiri

Seperti di Amerika, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kontrol kehidupan keuangan mereka.

Apabila keluargamu adalah orang yang mampu dan percaya padamu untuk membuka bisnis .maka usaha yang relatif kecil adalah pilihan yang tepat. atau cara yang modalnya sedikit seperti membuat blog yang menghasilkan uang melalui iklan, dapat berubah menjadi sumber keamanan finansial.

9. Negosiasikan Gaji Kembali

Banyak mahasiswa yang bisa bekerja di malam hari. Beruntung jika anda sudah memiliki pekerjaan sampingan dalam kondisi saat ini. Tetapi kadang -kadang meminta kenaikan gaji bisa menjadi langkah yang lebih pintar.

Jika Anda baru saja mengubah pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari bahwa itu dibayar rendah dibandingkan dengan kolega lain, mungkin sudah waktunya untuk duduk dengan bos dan meminta kenaikan gaji.

10. Jangan Menghindar dari Utang

Hutang memiliki reputasi yang buruk karena dianggap menyebabkan kebangkrutan. Tetapi mengambil kredit dengan manajemen yang tepat ternyata bermanfaat.

Kredit memungkinkan orang untuk membeli rumah atau membiayai kebutuhan mendesak lainnya. Tetapi masih mengevaluasi keputusan tentang hutang ini dengan mempertimbangkan dampaknya dengan hati -hati.

Seperti kata pepatah ada ingat ada selamat. Baiknya jika status anda mahasiswa dan anda ingin mengontrol keuangan pribadi.