Gambaran yang Akan Terjadi di MotoGP 2018, Yamaha Masih Banyak PR

MotoGP 2018


MotoGP, Wartasport.com – Seri pertama MotoGP 2018 akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 18 Maret mendatang. Setelah menjalai tiga tes pramusim sepanjang 2018 ini, kita bisa tahu bagaimana gambaran masing-masing tim menjelang MotoGP 2018 nanti.

Secara keseluruhan, kita lihat bahwa sebenarnya tidak ada satupun pembalap yang mendominasi sepanjang tes pramusim lalu. Di Srikuit Sepang, Lorenzo jadi yang tercepat. Selanjutnya Buriram, giliran Dani Pedrosa menjadi yang tercepat.

Sementara tes yang berlangsung di Losasil beberpa waktu lalu, Johann Zarco menjadi yang tercepat. Dan setelah kita lihat dari hasil tiga tes pramusim tersebut, sulit untuk membuat prediksi siapakah yang akan bersinar di MotoGP 2018. Namun berbeda dengan musim 2017 lalu, dimana Maverick Vinales berhasil mendominasi sepanjang tes pramusim.

Keberhasilan Andrea Iannone menjadi pembalap tercepat kedua di tes Losail telah menjadi kabar gembira bagi para pecinta MotoGP. Dengan ini, mungkin saja akan ada kejutan untuk kejuaraan MotoGP musim ini.

Iannone terpuruk di Sepang dan Buriram, dan bisa menjadi yang tercepat kedua di Losasil. Valentino Rossi juga mengalami peningkatan performa di Losasil dengan berada di belakang Zarco setelah di dua tes sebelumnya ia sangat kesulitan.

Nampaknya musim 2018 ini akan menjadi musim yang sangat ketat kalau kita lihat dari hasil tes pramusim. MotoGP 2018 berpeluang memunculkan banyak rider handal seperti pada MotoGP 2016 lalu ketika ada Sembilan pemenang berbeda.
 
Jorge Lorenzo, Ducati Corse, MotoGP 2018
Jorge Lorenzo


Suksesnya Lorenzo di Sirkuit Sepang mungkin saja bisa membuat persaingan di tim Ducati menjadi semakin menarik. Hal ini tentu saja sangat jauh dari harapan pada musim lalu, dimana ia berada di bawah bayang-bayang Dovizioso yang menjadi runner-up MotoGP 2017.

Namun bukan hanya Lorenzo yang membuat kejutan di tes pramusim. Para pembalap lain juga menunjukkan kejutan, seprti Jack Miller yang mungkin saja akan menjadi kuda hitam untuk musim ini. Motor Ducati nampaknya sanat cocok dengan Miller, dimana musim lalu ia mengendari motor Honda.

Namun berbeda dengan hari pertama di tes Qatar, dimana Miller berada di posisi 12. Namun setelah itu, Miller selalu masuk posisi 10 besar. Posisi terbaiknya adalah tercepat ketiga di hari kedua tes Buriram.

Valentino Rossi, Movistar Yamaha, MotoGP 2018
Valentino Rossi

Namun sayangnya kabar kurang bagus para para pecinta tim Yamaha nih. Pekerjaan rumah tim ini masih banyak untuk musim ini meskipun Vinales sempat 2 kali menjadi yang tercepat pada tes Sepang dan Losail. Setelah melakoni 3 tes pramusim ini, Yamaha justru dihadapkan pada sejumlah pertanyaan baru.

Tim mekanik Yamaha tidak mendapatkan respon yang bagus dari kedua poembalapnya, Rossi dan Vinales. Menurut Vinales, M1 2018 itu masih bermasalah dengan sasis yang justru merupakan pengembangan dari sasis musim 2016. Sementara Rossi tidak mempermasalahkan sasis, tapi ia lebih mengkritisi pada bagian perangkat elektronik.

Waktu sebelum seri pertama musim ini tinggal menghitung hari saja dan tim Yamaha harus benar-benar memaksimalkan motor mereka sehingga bisa memuaskan harapan Rossi dan juga Vinales. Jika tidak demikian, kedua pemalap utamanya bisa saja dipermalukan oleh rider satelit, Johann Zarco.

Marc Marquez, Repsol Honda, MotoGP 2018
Marc Marquez

Untuk yang terakhir, Marquez masih menjadi pembalap yang masih diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP 2018. Berbeda dengan dua rider Yamaha, Marquez justru puas dengan motor RC213V 2018. Marquez hanya berusaha mendapatkan setelah yang pas untuk membuat dirinya semakin cepat di trek-trek yang biasaya Honda sangat lemah.

Ya, sekitar 4 hari lagi MotoGP 2018 akan segera dimulai. Apakah semua tim sudah mempersiapkan semua hal-hal yang dianggap kurang. Kira-kira bagaimana ya penampilan rider favorit kalian di MotoGP 2018? Kita lihat saja ya nanti.
Sumber:

www.cnn.com

Previous
Next Post »