Bartholemy: Marquez Biasa Juara Dunia Meski Bersama Tim Satelit

Marc Marquez, Repsol Honda, Juara MotoGP 2017

MotoGP, Wartasport.com – Rider Repsol Honda, Marc Marquez berhasil mengunci gelar keempat kalinya juara dunia 2017. Di musim lalu, ia berhasil mengalahkan rival terkuatnya, Andrea Dovizioso.

Marquez mulai naik ke kelas MotoGP pada tahun 2013 silam. Rider Spanyol itu langsung mendapat kontrak dari tim pabrikan dengan fasilitas yang istimewa di tim Repsol Honda. Perannya saat itu untuk menggantikan rider Australia, Casey Stoner.

Bergabungnya Marquez ke Repsol Honda sempat diwarnai kontroversi. Pasalnya di tahun yang sama, pihak Dorna Sport selaku promotor MotoGP, menghapus aturan bagi Rookie yang harus singgah di tim satelit terlebih dahulu.

Penghapusan aturan itu sempat dituduh memuluskan jalan Marquez menuju tim pabrikan. Hasilnya pun sungguh luar biasa, dimana Marquez berhasil menjadi juara di tahun perdananya bahkan juara selama dua musim berhasil juara berturut-turut. Kemudian di tahun 2016 dan 2017 ia juga berhasil menjuarai MotoGP yang keempat kalinya.

Melihat fakta tersebut, Michael Bartholemy selaku Manajer tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, meyakini bahwa Marque akan meraih gelar juara meski bersama dengan tim satelit. Apabila ia bergabung dengan Marc VDS, ia akan akan menang.

“Peran pembalap membuat perbedaan sangat besar. Jika Marquez bergabung dengan Marc VDS, saya katakana ia bisa menang. Saya yakin tentang hal itu”ujar Bartholemy kepada Motorsport-total.com pada Kamis (11/01/2017).

Bartholemy menegaskan bahwa spek motor antara tim satelit dan pabrikan adalah sama saja. Salah satu yang menjadi pembedanya adalah sasis. Tim pabrikan selalu menggunakan sasis yang paling terbaru.

Maka dari itu, Bartholemy menilai bahwa Marquez memiliki kemampuan balapan yang berbeda dengan rider lain, karena ia sangat tangguh menggunakan Honda. Pembalap lain selalu keslitan apabila menggunakan motor pabrikan Honda. 

Previous
Next Post »