Jelang MotoGP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo Tak Bershabat dengan Pembalap Italia

Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia
www.igotravel.co.za

GP Valencia, Wartasport.com - Seri penutup kejuaraan MotoGP 2017 akan berlangsung di Sirkui Ricardo Tormo pada akhir pekan ini, tepatnya pada Minggu 12 November 2017. Balapan MotoGP Valencia ini menjadi pertarungan hidup dan mati bagi Marc Marquez dan Andrea Dovizioso yang berjibaku memperebutkan gelar jua dunia.

Sirkuit Ricardo Tormo, diambil dari nama legenda pembalap Spanyol, Ricardo Tormo. Sirkuit ini memiliki 14 tikungan, dengan sembilan tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan. 

Sirkuit Ricardo Tormo memiliki panjang lintasan 4,005 km, dengan lebar lintasan 12 menter. Sirkit ini juga memiliki satu trek lurus yang panjangnya mencapai 876 meter. Sikuit Ricardo Tormo terletak di Autovia A3 Valencia-Madrid, Salida 334, 46380, Chesta, Valencia.

Pro Pembalap Spanyol

www.motogp.com
Sirkuit ini memang selalu ramah dengan para pembalap tuan rumah Spanyol. Hal ini sudah terbukti dengan 9 seri MotoGP Valencia dimenangi oleh rider Spanyol. Mereka adalah Sete Gibernau (2001), Dani Pedrosa (2007, 2009, 2012), Jorge Lorenzo (2010,2013, 2015, 2016), dan Marc Marquez (2014).

Dengan melihat fakta di atas, tentunya hal itu bisa menjadi sumber kepercayaan diri Marc Marquez untuk memenangkan balapan. Pasalnya Marquez bertekad untuk mempertahankan gelar juara dunia 2017.

Tidak hanya melihat fakta di atas, Marc Marquez juga memiliki modal yang sangat besar dengan keunggulan 21 angka dari Andrea Dovizioso di urutan kedua klasemen. Untuk bisa memastikan gelar juara dunia yang keempat kalinya, Marquez hanya perlu finis di urutan 11 di Valencia nanti.

Prestasi Marquez ketika balapan di Sirkuit Ricardo Tormo juga tidaklah buruk, dimana ia selalu naik podium sejak di kelas 125cc. Namun untuk membuat pesta titel juara menjadi sempurna, Marquez tentunya lebih pas untuk mendapatkan podium 1.

Dari awal debutnya di kelas MotoGP, Marquez hanya satu kali memenangkan GP Valencia, yakni pada 2014 yang sekaligus mengantarkan dirinya menjadi juara dunia yang kedua kalinya. Sementara untuk podium kedua, ia raih pada 2015 dan 2016. Untuk tahun 2013, Marquez hanya mampu mendapatkan podum ketiga.

Anti Pemblap Italia

www.motogp.com
Apabila melihat fakta sejarah MotoGP, Sirkuit Ricardo Tormo memang bukan tempat yang bersahabat bagi para rider Italia. Sejak 1999, hanya tiga pembalap yang berhasil menaklukkan sirkuit ini, yakni Valentino Rossi pada 2003 dan 2004, serta Marco Melandri pada 2005.

Fakta di atas tentunya menjadi lampu merah bagi Andrea Dovizioso untuk berjuang merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2017. Dovi harus melalui jalan terjal untuk memenangkan balapan. Selain harus menjadi yang tercepat, Doci juga harus berharap terhadap Marquez untuk finis di bawah posisi 11.

Dovi sendiri juga tidak memiliki catatan cemerlang ketika balapan di Valencia. Sejak dirinya terjun ke kelas MotoGP pada 2008, Dovi hanya satu kali naik podium pada 2011, itu pun hanya meraih podium ketiga.

Kesimpulannya, akankah Dovi memutuskan rantai kemenangan rider Spanyol saat balapan di Sirkuit Ricardo Termas sekaligus membawa dirinya mendapat titel juara dunia pertamanya di musim ini?. Ataukah Marquez yang akan melanjutkan dominasi kemenangan rider Spanyol dan sekaligus mengunci gelar juara dunia keempatnya?.

Menarik untuk kita saksikan balapan GP Valencia yang akan berlangsung Minggu nanti (12 November 2017) jam 20:00 di Trans 7. Jangan lewatkan ya gaes!

Previous
Next Post »