Dovizioso Menangkan Duel Spektakuler dengan Marquez di MotoGP Motegi, Jepang 2017

Sunday, October 15, 2017

Dovizioso Menangkan Duel Spektakuler dengan Marquez di MotoGP Motegi, Jepang 2017
www.motorsport.com
MotoGP, Wartasport.com - Dalam guyuran hujan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Andrea Dovizioso (Ducati Team) dan Marc Maruez (Repsol Honda) menunjukkan duel yang menegangkan dalam gelaran MotoGP. Duel itu berlangsung hingga lap terakhir, dan bahkan hingga tikungan terakhir. Terlepas dari usaha terbaiknya dalam merengkuh titel juara, Dovi muncul sebagai pemenang di Jepang. Hasil ini merupakan kemenangan kelimanya sepanjang musim ini, kemenangan ketujuhnya sepanjang karirnya, dan merupakan salah satu kemenangan spektrakuler dalam sejarah. Marquez dengan tidak percaya finis di posisi kedua, dengan Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing) melengkapi podium MotoGP Jepang tahun ini.

Marquez memimpin balapan di barisan depan, dengan Jorge Lorenzo langsung menerkamnya di lap pertama dan ia di posisi kedua dan kemudian memimpin balapan. Marquez diikuti oleh Petrucci dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) dengan Dovi melakukan pementasan awal yang menakjubkan untuk menandai mereka di belakang. Kemudian Marquez menyerang kembali Lorenzo, sebelum Petrucci menyerang di bagian depan dan trio rider itu mampu bertahan hingga akhir di barisan depan, yakni Petrucci, Marquez dan Dovi.

Saat balapan sudah melewati beberapa laps, dua pesaing utama tetap terkunci di urutan kedua dan ketiga dan Petrucci tetap di depan memimpin balapan. Namun di laps ke-12 Marquez melakukan gebrakan pertamanya untuk mengambil alih balapan bersama Dovi. Mereka berdua menarik perhatian banyak orang dan mereka menjadi peran utama di sirkuit Motegi.

Dengan enam laps tersisa, Dovi menyerang di tikungan ke-6. Marquez kemudian menyerang kembali dengan menyalipnya secara brutal di tikungan ketiga dengan balapan menyisahkan 3 laps lagi. Duel ini merupakan paling spektrakuler sepanjang balapan musim ini, dan dengan kondisi yang hujan. Dan sepertinya Marquez akan memenangkan balapan di Motegi.

Menekan keras untuk memenangkan balapan dan memimpin klasemen, Dovi berjarak lebih dari setengah detik dengan Marquez, hingga tiba-tiba mendapatkan momen di tikungan ke-8 bagi Dovi untuk menyerang dan posisi terdepan kembali menjadi miliknya. Rider Italia ini terus menyerang dan mempersiapkan dirinya untuk meraih kemenangan dengan tepat, mengetahui Marquez berada di belakang.

Pintu kemenangan tidak terbukti tertutup bagi Marquez saat dia meluncur ke dalam, namun Dovi bersiap untuk bergerak dan mempertahankannya hingga Marquez melebar. Dengan penuh dramatis, Dovi memperoleh kemenangan dalam duel sengit sepanjang sejarah itu, dan kini ia berjarak 11 poin dari Marquez.

Di samping tiga rider terdepan, Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) menunjukkan performa yang menakjubkan dengan finis di urutan keempat, setelah rider Italia itu start dari urutan ke-12. Ia mampu mendekati rekan setimnya, Alex Rins yang kemudian berhasil melewatinya di lap-lap terakhir. Rins merupakan rookie terbaik di GP Motegi, dimana sebelumnya Zarco berada di depannya, namun ia memudar dari barisan depan.

Setelah kembali tampil menggebrak di awal balapan, Jorge Lorenzo hanya mampu finis di urutan keenam, dengan berhasil melewati Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini). Zarco meredup di lap-lap akhir dan hanya mampu finis di urutan kedelapan. Sementara itu, Maveric Vinales (Movistar Yamaha) mengalami nasib naas setelah hanya finis di urutan ke-9 dan kini ia tertinggal 41 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen.

Loris Baz (Reale Avintia Racing) melengkapi posisi sepuluh besar  dengan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) di urutan ke-11. Posisi ke-12 dihuni oleh wilcard Yamalube Factory Racing, Katsuyuki Nakasuzi sebagai pemenang Suzuka 8H 2017.

Sam Lowes (Racing Aprilia Gresini) meraih hasil terbaiknya dan mendapatkan beberapa poin dengan finis di posisi ke-13. Posisi ke-14 dan 15 diraih oleh Hector Barbera (Reale Avintia Racing) dan Tito Rabat (EG 0,0 Marc VDS). Valentino Rossi (Movistar Yamaha) mengalami crash, kondisinya baik-baik saja.

Gelaran kejuaraan MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia. Marc Marquez masih unggul 11 poin dari Andrea Dovizioso. GP Motegi merupaan duel paling spektrakuler sepanjang sejarah gelaran MotoGP.



2:58 PM