Vinales Masih Berpeluang Juara Dunia MotoGP Musim Ini

Wednesday, October 18, 2017

Vinales Masih Berpeluang Juara Dunia MotoGP Musim Ini
www.motogp.com

MotoGP, Wartasport.com - Maverick Vinales (Movistar Yamaha) finis ke-9 dalam MotoGP Jepang akhir pekan lalu dan hasil ini tentunya tak mampu memberikan poin maksimal baginya di klasemen. The Top Gun tertinggal 41 poin dari sang pemuncak klasemen, Marc Marquez.

Dari tiga seri yang tersisa, poin maksimal yang bisa diperebutkan adalah 75 poin. Tiga seri balapan yang tersisa itu adalah GP Australia, Malaysia dan Valencia. Sirkuit Malaysia dan Valencia pernah disapu Vinales dalam tes pra-musim awal musim ini.

Berkat kemenangannya di dua sirkuit tersebut, Vinales tentunya memiliki bekal pengalam dan data yang cukup untuk membalap nanti. Hal itu tentuna bisa maksimalkan untuk bisa menorehkan 75 poin yang masih tersisa.

Sementara Marc Marquez, berdasarkan catatan balapnya tahun lalu, ia gagal finis di Australia dan Malaysia. Jika hasil ini terjadi lagi musim ini, tak menutup kemungkinan Vinales bisa dengan mudah melampaui poin Marc Marquez di akhir musim.

Namun, Andrea Dovizioso mungkin akan menjadi kendala terbesarnya bagi Vinales. Pasalnya, rider Ducat ini berhasil menang dalam balapan basah di GP Malaysia tahun lalu. 

Apabila bila Vinales bisa mengulangi kemenangannya di tiga sirkuit tersebut, seperti hasil tes pra-musim, tak menutup kemungkinan Vinales akan melesat menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

Bukan hanya Dovi, kendala lainnya dalah sasis motor M1 yang menjadi masalah. Pasalnya sasis motor M1 saat ini sangat jauh berbeda dengan sasis motor pada saat tes pra-musim tahun lalu.

Apabila Yamaha menggunakan sasis lama menggantikan sasi baru, kemungkinan besar Vinales bisa menang. Namun apabila sebaliknya, jangan harap Vinales bisa membekukkan Marquez dan Dovi demi titel juara dunia musim ini.



5:04 PM