Rekap Data Unik dan Menarik Paruh Musim MotoGP 2017

Rekap Data Unik dan Menarik Paruh Musim MotoGP 2017

Kejuaraan MotoGP 2017 telah memasuki paruh musimnya. Dan akhir pekan minggu ini, lanjutan kejuaraan motor dunia ini akan berlangsung di Brno, Republik Ceko. Sebelum beranjak menuju Brno, alangkah lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu rekapan data yang unik dan menarik kejuaraan MotoGP tahun ini hingga paruh musim. Berikut ini rekapan data unik dan menarik kejuaraan MotoGP 2017 hingga paruh musim. 

Kemenangan Beruntun Marc Marquez

Kemenangan yang ditorehkan oleh Marc Marquez di GP Sachsenring, Jerman merupakan raihan tiga podiumnya secara beruntun dari tiga balapan terakhir atau lebih untuk pertama kalinya sejak dia menorehkan podium di GP Mugello, Catalunya, Assen, dan Sachsenring tahun lalu.

Vinales Kunci Klasemen di Posisi Kedua

Rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales berhasil mempertahankan dirinya di posisi kedua dengan finis di posisi keempat pada MotoGP Sachsenring. Kemenangan ini juga sekaligus menjaga rekornya dengan finis pertama atau kedua dalam ajang MotoGP musim ini.

Rekor Baru bagi Andrea Dovizioso

Meskipun Andrea Dovizioso gagal memuncaki klasemen karean finis kedelapan di Sachsenring, torehan poin 123 merupakan poin tertinggi yang ditorehkannya bagi seorang rider Ducati. Tepatnya, setelah Casey Stroner mencetak 148 poin sampai paruh musim pada tahun 2009.

Rekor Pertama bagi Folger

Finis di posisi kedua Jonas Folger di Sachsenring telah menjadikannya menjadi pembalap kedua Jerman sejak MotoGP bergulir menggantikan GP 500cc pada tahun 2002. Kemenangan itu juga merupakan kemenangan pertama bagi rider Jerman di kelas utama sejak Ernst Hiller yang finis di posisi ketiga bersama kuda besinya, Kawasaki di GP 500cc pada tahun 1971. Kemudian Hiller finis lagi di posisi ketiga pada GP Jerman Barat di Hockenheim. Rider jerman lainnya yang berhasil meraih podium adalah Stefan Bradl di Laguna Seca pada tahun 2013.

Perebutan Gelar The Best Rookie Kian Panas

Raihan podium oleh Folger di GP Jerman telah menjadikannya terpaut 13 poin dari rekan setimnya, Johann Zarco, dan sekaligus merupakan saingannya dalam perebutuan posisi the best rookie MotoGP 2017. Kedua rider tersebut masing-masing sudah menorehkan sati kali naik podium, Zarco di Qatar, dan Folger di Sachsenring.

Semua Pembalap Yamaha telah Naik Podium

Folger menjadi rider keempat Yamaha yang naik podium setelah dirinya melakukannya di Sachsenring. Terakhir kalinya Yamaha melakukan hal ini pada tahun 2012 dengan ridernya Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan Cal Crutchlaw seta Katsuyuki Nakasuga finis kedua di Valencia saat menggantikan posisi Ben Spies.

Torehan Podium ke-149 bagi Dani Pedrosa

Finis ketiga di Sachsenring merupakan torehan podium yang ke-149 bagi Dani Pedrosa tahun ini. Jika ia berhasil kembali naik podim di Brno nanti, maka Pedrosa akan menjadi pembalap ketiga yang sepanjang 69 tahun Grand Prix, setelah Giacomo Agostini dengan 159 podium dan Valentino Rossi dengan 225 podium.

Crutchlaw raih kemenangan di Brno Tahun Lalu

Crutchlaw menorehkan kemenangan di GP Brno tahun lalu. Hasil itu merupakan kemenangan pertama bagi pembalap Inggris tersebut di kelas utama, sejak Barry Sheene menunnggangi Yamaha dan menjuarai GP 500 Swedia di Anderstorp pada 16 Agustus 1981.

Perkembangan Tim KTM Sudah Terlihat

Pol Espargaro berhasil finis ke-13 di Sachsenring, namun ia lebih lambat 32,179 detik dari Marc Marquez sebagai pemenangnya. Walaupun demikian, selisih tersebut merupakan selisih terdekat bagi KTM dalam debutnya di MotoGP musim ini.

Petrucci Selalu Start di Garis Depan Secara Beruntun

Di Sachsenring, Danilo Petrui menjadi pembalap satelit pertama dan juga bagi Ducati yang start di baris depan dalam tiga balapan beruntun sejak Crutchlaw menorehkannya bersama tim Yamaha Tech 3 pada tahun 2013.

Scott Redding Raih Lap Paling Lambat di Sachsenring

Scott Redding mencetak lap tercepat di GP Assen. Akan tetapi, lap tercepatnya lebih lambat dari 24 rider lainnya saat di Sachsenring.

Sumber: motogp.com

Previous
Next Post »