MotoGP Inggris 2017: 11 Fakta dan Data Jelang MotoGP Ingggris 2017

MotoGP Inggris 2017: 11 Fakta dan Data Jelang MotoGP Ingggris 2017

Masih begitu jauh untuk menentukan Marc Marquez sebagai peraih juara MotoGP 2017. Balapan masih menyisahkan 8 balapan tersisa, termasuk di Silvertone, Inggris. 

Sebelum MotoGP Ingris ini dimulai, banyak fakta dan data yang mesti kita ketahui.

Berikut data dan Fakta jelang MotoGP Inggris 2017.

  • Valentino Rossi (Movistar Yamaha) akan menjalani balapan yang ke-300 pada kelas premier di Silvertone dan menjadi rider pertama yang melakukanya dalam sejarah.

  • Meski rider Repsol Honda (Marc Marquez) bertengger sebagai pemuncak klasemen, gelar MotoGP masih begitu dekat dengan lima pembalap lainnya di klasemen musim ini.

  • Finis kedua Marc Marquez di Austria merupakan balapan kelimanya dimana ia finis dengan hasil podium. Dia tidak finis podium di enam balapan berturut-turut sejak 2014. Finis kedua di Red Bull Ring juga merupakan kali ke-58 Marquez yang menorehkan podium di kelas MotoGP. Raihan itu pernah diraih oleh Max Biaggi di kelas premier.

  • Menyusul kemenangannya di Red Bull Ring, Andrea Dovizioso sudah menorehkan 158 poin dari 11 race yang telah dijalani sepanjang musim 2017. Poin tersebut merupakan poin tertinggi bagi rider Ducati dalam 11 race sejak Casey Stoner melakukannya pada 2008 dengan koleksi 187 poin.

  • Dengan kemenangannya di Austria, Dovizioso bergabung dalam grup elit yang sudah memangkan tiga kali atau lebih di kelas premier dalam satu musim di musim ini sejak era MotoGP. Sembilan rider lain yang sudah melakukannya adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Sete Gibernau, Loris Capirossi, Maverick Vinales dan Marco Melandri.

  • Rider Movistar Yamaha, Vinales turun ke posisi ketiga pada klasemen setlah finis keenam di Austria. Ini merupakan kali pertama di musim ini dimana ia selalu berada di posisi pertama atau kedua di klasemen.

  • Rider Repsol Honda, Dani Pedrosa sudah 7 kali finis podium dalam delapan race sebelumnya. Tujuh podium sebelumnya dilakukn dari posisi 22.

  • Di Red Bull Ring, Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) adalah rider pertama Yamaha yang melintas di garis depan untuk yang ketiga kalinya pada 2017. Dengan finis kelima di Austria, ia bertengger di posisi pertama sebagai Rookie dengan koleksi selisih 22 poin dari rekan setimnya, Jonas Folger yang bisa menghentikannya.

  • Untuk yang pertama kalinya sejak 2010, tiga pabrikan berbeda sudah mencetak tiga kemenangan atau lebih di musim yang sama. Sebelumnya 3 pabrikan mencetak tiga kemenangan atau lebih dalam musim yang sama pada 2006 yaitu Honda, Yamaha dan Ducati.

  • Di GP Inggris, Alvaro Bautista (Pull&Bear Aspar Team) ditetapkan menjadi rider yang ke-13 dalam sejarah yang telah mencapai tonggak bersejarh dengan start 250 GP.

  • Rider penguji Red Bull KTM Factory Racing, Mika Kallio finis ke-10 di Austria, dengan gap 19,766 detik dari Dovizioso, yang memliki jarak begitu dekat untuk rider KTM.


sumber: motogp.com
Previous
Next Post »