MotoGP Austria 2017: Rossi Tak Akan Gunakan Faring Baru Yamaha di Austria

MotoGP Austria 2017: Rossi Tak Akan Gunakan Faring Baru Yamaha di Austria

Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tidak akan memakai fairing aerodinamika baru pada MotoGP Austria akhir pekan ini. Padahal fairing ini sudah diuji coba pada test resmi MotoGP yang berlangsung di sirkuit Brno, Ceko.

The Doctor menuai hasil memuaskan saat melakoni test tersebut dengan dengan finis pertama. Bahkan ia berhasil mengalahkan sang juara MotoGP Brno, Marc Marquez, dengan selisih catatan waktu 0,018 detik.

Uji coba ini dimanfaatkan dengan baik oleh Yamaha untuk menguji fairing aerodinamika baru yang akan digunakan di seri-seri selanjutnya. Pengujian fairing ini bertujuan untuk memberikan akselerasi yang lebih baik lagi pada motor YZR-M1.

Meskipun rider Italia tersebut merasa nyaman dengan motor barunya tersebut, namun Rossi menyatakan bahwa dirinya tidak akan memakainya ketika mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring pada Minggu (13/08) akhir pekan ini.

Menurutnya, fairing aerodinamika yang telah diuji sebelumnya, tidak cocok untuk digunakan di GP Austria nanti. Sirkuit Red Bull Ring sangat cocok dengan motor yang mengandalkan top speed, sementara fairing barunya tidak sesuai dengan hal itu.

“Red Bull Ring selalu mengandalkan top speed, mungin ini bukan fairing terbaik untuk GP Austria nanti. Bagi saya, top speed sangat penting. Dan dengan fairing tipe ini, anda akan kehilangan top speed,” papar Rossi yang dikutip dari situr resmi Motorsport pada Rabu (09/08).

Penggunaan motor baru memang akan mengurngi sedikit wheelie ketika memakai fairing tersebut. Akan tetapi pada kenyataanya sangat mempengaruhi top speed setelah dilakukan pemeriksaan data.

“Pada akhirnya, motor ini lebih mudah dikendarai, wheelie berkurang dan sedikit seperti memakai winglet. Tapi sepertinya mereka sudah memeriksa data, dan tampaknya kami sedikit kehilangan top speed.”

“Setelah GP Austria nanti, fairing baru ini bisa menjadi opsi bagus untuk sirkuit lainnya.”

Meskipun Rossi tidak akan menggunakan fairing aerodinamika, namun ia akan menggunakan komponen lainnya yang telah diuji coba pada tes resmi kemarin, seperti garpu dan karbon Ohlins.


“Itu adalah pilihan yang bgus. Yamaha sudah memakainya. Marquez mencobanya pada Sabtu dan terus memakainya. Ya, saya kira kami akan terus memakainya,” pungkas rider Italia tersebut. 

Previous
Next Post »