Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Transformasi Fairing Baru Ducati Buat Lorenzo dan Dovizioso Kesulitan

Wednesday, May 17, 2017

Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Transformasi Fairing Baru Ducati Buat Lorenzo dan Dovizioso Kesulitan

Tim Ducati Corse sudah merencanakan mengenai pengggunaan fairing baru sebagai pengganti sayap pada motor Desmosedici GP17. Rencana peralihan ini sontak membuat dua rider tim Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, langsung berkomentar. Keduanya menilai bahwa peralihan tersebut sangatlah tidak mudah untuk dilakukan.

Sebenarnya tim pabrikan Italia ini sudah memamerkan penggunaan fairing baru ini saat menjalani tes pramusim pada bulan Maret lalu. Pihak Dorna Sport selaku otoritas kejuaraan dunia MotoGP sudah memberlakukan aturan pengguaan sayap. Dengan demikian, Tim Ducati mau tidak mau harus patuh akan peraturan baru tersebut.

Meskipun Ducati sudah menggunakan fairing baru saat tes pramusim, namun hal itu memiliki kesan yang begitu ekstrim. Bagaimana tidak, pada sayap mereka terdapat tiga lubang angina dan diantaranya dua lubang yang lebih lebar. Kesan ekstrim ini tentunya sebagai dampak dari aturan pelarangan sayap tersebut.

Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo nampaknya akan sedikit mengganggu perubahan fairing baru Ducati tersebut. Pasalnya, kedua tersebut merasakan ketidaknyamanan saat menunggangi kuda besi mereka. Dovizioso menilai bahwa faktor keseimbangan pada motor membuatnya tidak nyaman saat menggunakan Desmosedici ketika mengaspal di lintasan. 

Ducati dan Honda adalah tim yang belum menggunakan fairing revisi pada motor mereka di musim 2017 ini. Setelah dilakukan analisis dari berbagai tes, Dovi menyimpulkan bahwa peralihan itu sangat sulit, terutama jika dilihat dari keseimbangan motor ketika digunakan balapan.

“Kami sedang berusaha untuk mencobanya, tapi sangat sulit. Ini adalah keseimbangan. Ketika kami mencoba fairing baru, kami menganalilsis keseimbangan dan itu tidak cukup baik pada saat ini,” ungkap Dovizioso sebagaimana dikutip dari Autosport pada Selasa (16/05).

Hal yang sama juga dilontarkan oleh pembalap utama tim Ducati, dimana sulit untuk melakukan evolusi fairing baru ini. Melihat kondisinya saat ini, ia sangat kesulitan untuk mengamankan poin di ajang kejuaraan MotoGP musim ini. Akan tetapi, menurutnya ini belum usai, dimana ia belum pasti menemukan sesuatu yang baik atau belum.

“Saat ini pembalap sulit mengamankan poin alias lemah, jadi, kami masih menyelidiki lebih lanjut untuk melihat apakah kami dapat menemukan sesuatu atau tidak. Tapi, itu akan sulit,” komentar Lorenzo. 



7:32 AM