Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Mesin Baru KTM Pengaruhi Akselerasi Motor RC16

Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Mesin Baru KTM Pengaruhi Akselerasi Motor RC16

Di ajang kejuaraan MotoGP tahun ini, ada salah satu tim pabrikan yang menggunakam mesin 'screamer', itu adalah tim KTM. Akan tetapi, tim ini sudah beralih ke mesin 'big bang' mengikuti jejak tim Honda. kedua rider tim KTM, Pol Espargaro dan Bradly Smith, sudah melakukan tes privat di dirkuit Le Mans menjelang MotoGP Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu.

Pol Espargaro sudah bisa merasakan perbedaan antara mesin screamer dan big bang terutama dilihat dari segi kecepatannya. Menurutnya, mesin big bang ini memiliki kecepatan yang lebih baik dibanding mesin screamer. Akselerasi yang dimiliki motor tentunya masih bisa dikontrol dengan baik oleh Espargaro sehingga dirinya bisa bersaing dengan para rider papan atas.

“Kami mengeluhkan tentang akselerasi, terutama di gigi dua. Sekarang motor punya traksi bagus karena mesin memungkinan ban melakukan akselerasi dan kurva tenaga normal,” ujar Espargaro sebagaimana dikutip dari Motorsport pada Sabtu (13/05).

“Motor tidak lagi sulit dikendalikan. Segalanya terasa baik. Dan juga hasilnya, kami bisa mengikuti (pembalap lain) dalam hal akselerasi.” lanjutnya.

Di seri keempat MotoGP Jerez memang Espargaro mengalami crash saat balapan berlangsung sehinnga tak mampu menyelesaikan balapan. Namun Bradly Smith berhasil finis di posisi ke-14. 

Kendati demikian, Smith telah mengambil kesimpulan apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh mesin barunya tersebut.

“Menurut saya, kami tidak kekurangan tenaga. Kami membuat kemajuan baik daripada sudut pandang. Kami punya akselerasi bagus dan motor mendapatkan grip belakang,” tandas Smith.

Tidak hanya mesin baru yang yang ditunjukkan oleh tim KTM, tapi juga akan segera menampilkan sasis baru yamg telah mereka rancang. Espargaro ingin segera menikmati sasis baru pada motor RC16.

“Tentu kami kehilangan sesuatu ketika menikung. Ini masalah terbesar kami,” keluhnya.

“Jika kami melakukan langkah sama dengan memakai paket sasis baru (seperti mesin), maka itu akan luar biasa.” tungkas Espargaro.
Previous
Next Post »