Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Johann Zarco, Rookie 'Sensasional' di GP Jerez

Saturday, May 13, 2017

Kabar Terbaru MotoGP Hari Ini: Johann Zarco, Rookie 'Sensasional' di GP Jerez

Zarco merupakan rider debutan MotoGP musim ini  setelah musim sebelumnya ia berkompetisi di ajang Moto2. Ia langsung tancap gas di kejuaraan kelas utama ini dengan tim Monster Yamaha Tech 3. Aksi sensasionalnya di GP Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu telah membuat rider lain terpukau, termasuk pembalap sekaliber Marc Marquez.

Sebenarnya performa Zarco sempat meragukan di seri perdana MotoGP Qatar, dimana ia sempat mengalami crash dan akhirnya gagal finis. Akan tetapi ia memiliki perhatian lebih di seri keempat GP Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu. Bagaimana tidak, ia langsung memimpin di lap-lap awal di depan rider-rider papan atas. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Marc Marquez, Cal Crutchlaw dan Andrea Iannone berhasil disalip Zarco.

Walaupun demikian, Zarco tak mampu mempertahankan performa apiknya hingga akhir balapan. Duo rider Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez berhasil menyalipnya. Penampilan apik Jorge Lorenzo membuat Zarco harus rela tanpa podium. Namun demikian, hasil dan jam terbang Zarco sepanjang balapan di Jerez pantas untuk diberi acungan jempol bagi seorang rookie yang baru naik ke kelas utama MotoGP.

Aksi sensasional Johann Zarco telah membuat Marc Marquez berkomentar mengenai dirinya. Sosok Zarco saat ini telah memgingatkan Marquez ketika dirinya pertama kali naik ke kelas utama MotoGP.
 
"Zarco sungguh tampil mengesankan di Qatar. Disini (Jerez) saya bertarung dengannya di tiga lap awal karena ban belakang saya tidak begitu bagus dan dia agak sedikit di depan saya," ujar Marquez sebagaimana dilansir dari crash.

"Itu mengingatkanku ketika pertama kali tiba di kelas MotoGP; sungguh agresif, menekan hingga tak terbatas, memperingatkan, sedikit terjatuh.... tapi di akhir, itu merupakan jalan untuk belajar. Bila ia ingin terus belajar dia harus butuh hal seperti ini. Dia butuh tekanan dari awal dan dia harus sampai dimana ia sampai mampu melakukannya."

Zarco merupakan satu-satunya pembalap dari tim Yamaha yang tampil impresif saat menjalani seri keempat GP Jerez. Duo pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, tampil melempem waktu itu karena memiliki banyak masalah dengan motornya.

"Saya pikir dia tengah menjalani balapan yang bagus dan ia merupakan rider pertama Yamaha, jadi itu tidak begitu buruk" puji Marquez.

Johann Zarco kini berada di posisi keenam pada klasemen sementara MotoGP musim ini dan merupakan pembalap teratas yang dimiliki oleh tim satelit.



3:17 PM