Indonesia Akan Punya Sirkuit Baru Berkelas Internasional

Indonesia Akan Punya Sirkuit Baru Berkelas Internasional
Foto: Media Indonesia

Dalam beberapa waktu ke depan, Indonesia nampaknya akan memiliki sirkuit berkelas internasional yang akan diikutsertakan pada kejuaraan MotoGP. Sirkuit ini rencananya akan dibangun di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut dilakukan demi pengembangan pariwisata tempat itu sendiri.

Abdul Kadar Mansur selaku Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan demi pengelolaan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang merupakan kawasan berbasis pariwisata.

Langkah realisasi pengembangan sudah dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk investasi di KEK Mandalika yang dilakukan pada hari Rabu (17/05/20017) yang sekaligus disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

“ITDC adalah BUMN yang bergerak di bidang pariwisata, jadi pengembangan pariwisata kela dunia, yaitu di Mandalika, salah satu dari 4 KEK pariwisata, jadi ada 1.500 kamar hotel akan delivery 2019,” ujar Abdulkadar yang bertempat di Graha Swala Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, sebagaimana di kutip dari Detik.com pada 17/05.

Tidak hanya itu, ITDC juga telah melakukan penandatangan MoU dengan Vinci Construction, BUMN konstruksi dari Prancis, untuk pembangunan Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektar, yang berisikan sirkuit balap kelas dunia, convention center dan tujuh hotel.

“Jadi ada tujuh hotel yang semuanya akan dibangun di tahun ini, deliver 2019-2020. Kami sangat dukung program pemerintah utamakan pariwisata unggulan. 2019 ada 7 hotel dengan 2.000 kamar lebih. Rencana 10 ribu bisa5 tahun ke depan, tapi jangka pendek 2 tahun 1.500 kamar. Mudah-mudahan MotoGP jadi destinasi kita,” lanjut Abdulkadar.

Sebenarnya Indonesia sudah merencanakan penyelenggaraan MotoGP pada 2018 mendatang yang akan diselenggarakan di Palembang. Pengikutsertaan Indonesia ini merupakan hajatan terbesar. Tidak hanya pembangunan sirkuit di Palembang dan NTB, pemerintah sudah merekomendasikan satu tempat lagi di Lido, Sukabumi, Jawa Barat, untuk dijadikan sirkuit berskala Internasioal.

Previous
Next Post »