Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Monday, May 15, 2017

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Seri kelima MotoGP 2017 akan berlangsung di Le Mans, Prancis, pada Minggu 21 Mei akhir pekan nanti. Le Mans merupakan sirkuit legendaris pada ajang kejuaraan balapan MotoGP. Sirkuit ini terletak di kota Loire Prancis yang hanya dapat ditempuh beberapa jam dari The Light City, Paris.

Sirkuit Le Mans atau juga dikenal sebagai sirkuit Bugatti atau sirkuit mini yang dibangun pada tahun 1965 yang sekaligus juga merupakan sirkuit yang memiliki lintasan terpanjang di dunia dengan total panjang 13,629 km. sirkuit ini sangat legendaris karena setiap tahunnya selalu diadakan balap ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Di musim 2017 ini, akan kembali menjadi tempat bekumpulnya para rider untuk saling beradu kecepatan motornya di sirkuit ini. Akan semakin bertambah lagi rekor-rekor yang muncul pada tahun ini dan akan menimbulkan memori-memori yang tak akan terlupakan bagi para pecinta MotoGP.

Berikut ini Wartasport.com akan mengulas sedikit Highlight MotoGP Le Mans yang akan berlangsung akhir pekan minggu ini.

1. Akankah Duo Repsol Honda Kembali Berjaya ?

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Telah kita ketahui bahwa seri keempat GP Jerez akhir pekan lalu di dominasi oleh tim Repsol Honda. Dani Pedrosa tampil sebagai yang tercepat di depan rekan setimnya, Marc Marquez, yang berada di posisi kedua. Pedrosa memperpanjang kemenangannya selama 17 musim di kelas utama MotoGP. 

Akankah The Little Spaniard itu kembali berjaya di Le Mans setelah menang di Jerez lalu? Mungkin bisa saja terjadi mengingat Pedrosa pernah meraih kemenangan di Le Mans setelah seri sebelumnya menang di Jerez pada musim 2013 lalu. Tapi tentunya Pedrosa sangat mengharapan penampilan apiknya di Jerez akan tetap terjaga di Le Mans.

Bukan hanya Pedrosa, rekan setimnya, Marc Marquez, juga memiliki rekor yang cukup bagus ketika menjalani balapan di Le Mans. Pada tahun 2014, Marquez juga pernah finis pertama di Jerez dan langsung tampil sebagai yang tercepat kala menjalani balapan di Le Mans. 

Akan sangat menarik jika kita lihat persaingan ketat antar sesama rider tim Repsol Honda ini. Dani Pedrosa hanya terpaut empat poin dari Marc Marquez di klasemen sementara MotoGP musim ini. Dengan kondisi poin yang tidak terpaut terlalu jauh, tentunya hal ini sangat menarik untuk kita perhatikan apakah Pedrosa berhasil finis di depan Marquez.

Akankah Marc Marquez meraih kemenangan di Le Mans demi menjaga Jarak dengan sang pemuncak klasemen, Valentino Rossi, dan menjauh dari Pedrosa? Atau akankah Pedrosa kembali meraih kemenangan dan menungguli koleksi poin Marquez ? Kita lihat saja nanti hasilnya ya…


2. Akankah Jorge Lorenzo Naik Podium Kembali Demi Ducati ?

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Setelah terpuruk di tiga seri awal, Jorge Lorenzo akhirnya mulai menunjukkan taringnya kala menjalani seri keempat di GP  Jerez. Dengan raihan podium ketiga tentunya membuat tim Ducati agak sedikit sumringah atas raihan tersebut. 

Lorenzo juga memiliki rekor tersediri kala menjalani balapan di Le Mans. Dengan raihan Sembilan kemenangannya, menjadikan Lorenzo sebagai pembalap yang sukses kala menjalani balapan di sirkuit ini termasuk dua kemenangannya dua tahun terakhir di kelas utama MotoGP, dan juga di tahun 2009 setelah menarik perhatian banyak publik kala balapan berjalan dalam suasana basah.

Andrea Davizoso juga patut untuk diperhitungkan mengingat ia juga merupakan pembalap yang masuk lima besar kala saat balapan di Jerez. Dovi tentunya akan kembali tampil ngotot di ranah Prancis demi cetak poin semaksimal mungkin di Le Mans.


3. Akankah Yamaha Come Back di Le Mans ?

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Tim Yamaha memerlukan kebangkitan di Le Mans setelah duo rider Movistar Yamaha tampil melempem di Jerez. Banyak faktor yang mempengaruhi keterpurukan Yamaha di seri sebelumnya, diantaranya adalah masalah ban.

Kesempatan kedua rider Movistar Yamaha ini akan sangat baik meniggat kondisi cuaca di Le Mans lebih rendah disbanding Jerez. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh besar terhadap ban yang akan digunakan pada balapan berlangsung.

Rossi akan datang ke Le Mans dengan berpredikat sebagai pemuncak klasemen yang terpaut dua poin dari rekan setimnya, Maverick Vinales. Rossi ataupun Vinales, keduanya memiliki rekor yang bagus di sirkuit ini. 

Vinales mencetak kemenangan pertamanya di kelas 125cc pada tahun 2011, dan juga menempatkan dirinya di podum kelas utama MotoGP pada tahun 2016. The Doctor tentu lebih unggul dari Vinales dimana tahun lalu ia meraih kemenangan di sirkuit ini. Rossi tentunya ingin memperlebar jarak dengan Vinales dan menjaga peluangnya untuk meraih gelar juada dunia kesepuluhnya.


4. Akankah Rider Tuan Rumah Tampil Sangar di Publiknya Sendiri ?

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco membuat para pecinta MotoGP terpukau kala menjalani balapan di Jerez. Ia sempat memimpin balapan di lap-lap awal didepan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Bahkan Zarco merupakan perwakilan Yamaha yang tampil cemerlang di Jerez dibanding Rossi dan Vinales.

Zarco tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emasnya untuk tampil di depan publiknya sendiri. Hal ini merupakan dukungan tambahan bagi dirinya di samping modal performa apiknya di Jerez. Tampil di posisi keempat di seri sebelumnya tentunya tidak buruk bagi seoran rookie seperti Zarco yang baru naik ke kelas utama MotoGP. Dengan raihan tersebut membuat pembalap Prancis itu berada di posisi keenam klasemen MotoGP musim ini satu tingkat di bawah Andrea Dovizioso.

Bukan hanya Zarco, pembalap Reale Avintia Racing, Loris Baz, juga akan menjalani balapan di depan publiknya sendiri. Satu lagi lagi rider yang sangat familiar namanya, dimana ia adalah peraih juara dunia WorldSBK. Rider tersebut adalah Sylvain Guintoli yang akan kembali ke MotoGP menggantikan rider Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, yang masih dalam perawatan akibat cedera. Dengan modal beberapa latihannya di Jerez, Guintoli berharap bisa memberikan persaingan ketat di GP Le Mans nanti.

5. Akankah Para Rider Kuda Hitam Memberikan Perlawanan ?

Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?

Bukan hanya Guintoli yang sudah melakukan tes di Jerez, pembalap tim Suzuki Ecstar lainnya, Andrea Iannone juga sudah melakukan tes tersebut di tempat yang sama. Ia memperoleh hasil yang positif setelah menjalani tes di tempat tersebut.

Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3) adalah seorang pengembang yang stabil, Cal Crutchlaw (LCR Honda), Jack Miller (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS), Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) dan Alvaro Bautista (Pull&Bear Aspar) adalah para rider kuda hitam yang siap meladeni keperkasaan para rider papan atas.


6. Akankah Mesin Baru Bisa Membuat Tim KTM Kompetitif ?


Tim KTM baru menggunakan mesin barunya di seri sebelumnya. Finis sepuluh besar pada dua sesi latihan bebas merupakan hasil yang baik. Meskipun Pol Espargaro mengalami crash, tapi rekan setimya, Bradly Smith, berhasil mencetak poin bagi timnya. Kini Kedua pembalap KTM sudah siap kembali menjajal seri kelima GP Le Mans dengan mesin baru pada motornya.

Itulah Highlight MotoGP Le Mans versi Wartasport.com yang akan berlangsung pada akhir pekan minggu ini (21/05). Sesi latihan bebas dan babak kualifikasi akan berlangsung hari Jum’at dan Sabtu (19 dan 20). Jangan lewatkan ya para pecinta MotoGP untuk menyaksikan RACEnya hari Minggu yang akan tayang di TRANS 7.




7:06 PM