Highlight Moto2 Le Mans 2017: Morbidelli atau Marquez yang akan menjadi di Le Mans Nanti ?

Tuesday, May 16, 2017

Highlight Moto2 Le Mans 2017: Morbidelli atau Marquez yang akan menjadi di Le Mans Nanti ?

Setelah menorehkan 3 kemenangan di tiga seri pertama Moto2 musim ini, pembalap EG 0,0 Marc VDS, Franco Morbidelli, harus terhenti kala menjalani seri keempat di Jerez akhir pekan lalu. Sementara rekan setimnya, Alex Marquez menguasai semua sesi latihan bebas dan mengawali balapan dari pole position dan berhasil menjadi kampiun di Jerez. Hasil pahit harus diterima oleh Morbidelli waktu itu karena harus mengalami crash sehingga tak dapat menyelesaikan balapan.

Kemenangan yang ditorehkan oleh Marquez di Jerez merupakan kemenangan pertamanya sejak menjalani ajang kelas Moto2 musim ini. Hasil ini tentunya merupakan hasil yang luar biasa bagi Marquez mengingat sirkuit Jerez ini dari dulu selalu membuat kesulitan bagi para rider dari Carvera.

Sirkuit Le Mans juga hampir sama tingkat kesulitannya seperti Jerez, akan tetapi dengan modal kemenangannya di seri sebelumnya, membuat Marquez dapat bernapas lega kala menjalani balapan di daratan Prancis. Akan tetapi, Marquez tidak akan begitu mudah melakoni balapan di Le Mans, karena Morbidelli memiliki tren yang bagus saat menjalani bablapan di sirkuit Bugatti ini (Le Mans). Di balapan pertamanya, Morbidelli tampil menempati posisi sepuluh besar dan dua race setelahnya, ia masuk posisi lima besar. Dengan tren ini, pembalap Italia ini tentunya tak sabar ingin memperbaiki lagi tren bagusnya waktu itu.


Pembalap CarXpert Interwetten, Tom Luthi, juga bisa menjadi tebaran ancaman bagi Marquez maupun Morbidelli. Dengan empat kemenangannya di trek Le Mans (2 di kelas 125cc dan 2 di kelas Moto2), Pembalap Swiss ini patut untuk diperhitungkan kala menjalani balapan di Prancis nanti. Tahun lalu, Luthi mengawali balapan dari pole position dan pada tahun 2015, ia memenangkan balapan di sirkuit ini. Dengan itu Luthi tentunya ingin kembali mengukir prestasinya seperti tahun-tahun tersebut.

Peluang Luthi untuk menang di Le Mans tentunya tidak mudah begitu saja walaupun dengan beberapa raihan podium dan runner up musim lalu. Kini ia hanya terpaut 11 poin dari sang pemuncak klasemen, Franco Morbidelli.

Francesco Bagnaia (Sky Racing Team VR46) menorehkan podium pertamanya di jerez akhir pekan lalu. Di Le Mans nanti, ia tentunya ingin meneruskan raihan tersebut untuk menjadikan dirinya sebagai 'Rookie of the Year'. Akan tetapi bukan hanya ia saja yang menginginkan predikat tersebut, rookie yang lainnya juga siap menjalani balapan di Prancis. Pembalap Pons HP 40, Fabio Quartararo, memiliki peluang yang lebih besar karena ia akan tampil di depan publiknya sendiri dimana ia siap menunjukkan performa impresipnya.


Sementara itu, pembalap Red Bull KTM Ajo, Miguel Oliveira, akan tampil ngotot sejak motornya beralih ke setingan sasis baru yang sudah siap pada rata-rata podium 50% seperti Takaaki Nakagami (Idematsu  Honda Team Asia), Mattia Pasini (Italtrans Racing Team) dan Dominique Aegerter (Kiefer Racing). Aegerter juga memiliki rekanbru yan bergabung dengan timnya dari Le Mans, Juara British Supersport, Tarran MacKenzie, yang akan mengguncangkan ranah Prancis dan juga melangkahkan kakinya berkarir di Moto2.



12:49 PM