Ekspektasi Rossi untuk Menang Di Le Mans 'Terlalu Tinggi'

Tuesday, May 16, 2017

Ekspektasi Rossi untuk Menang Di Le Mans Terlalu Tinggi

Seri kelima yang akan di Le Mans akhir pekan minggu ini memiliki daya tersendiri bagi kejuaraan MotoGP musim ini. Tidak hanya itu, empat rider tengah saling berjibaku untuk saling mengejar poin demi duduk di tahta puncak klasemen. Valentino masih memimpin puncak klasemen, akan tetapi dia dibuntuti oleh Maverick Vinales dan Marc Marqez yang koleksi poinnya tidak terlalu jauh dari Rossi. Dani Pedrosa juga patut diperhitungkan mengingat setelah meraih poin penuh di Jerez, ia hanya terpaut selisih 10 poin dari Rossi.

Harapan Rossi untuk meraih kemenangan di Le Mans nampanya terlau tinggi. Setelah di dua seri awal musim, Yamaha memang terlihat mendominasi balapan, namun di GP Jerez akhir pekan lalu, Yamaha seperti tidak menunjukkan taringnya. Yang terjadi malah sebaliknya, dimana duo rider Resol Honda sangat mendominasi balapan di Jerez.

Alih-alih Rossi mengeluhkan masalah ban yang kurang baik saat tampil di Jerez. Akibatnya, ia harus puas finis di posisi sepuluh. 

“Pengaturan ban adalah hal yang paling penting dalam MotoGP” ujar Rossi sebagaimana dikutip dari GPOne pada Selasa (16/05).

Yamaha sukses menggunakan ban belakang yang kasar saat menjalani balapan di Jerez. Namun lain halnya dengan Yamaha, Vinales bahkan mengungkapkan faktor ban yang mempengaruhi Yamaha melempem saat tampil di Jerez. Ducati juga mampu mengeksploitasi kemampuan ban yang ia gunakan, bahkan Lorenzo langsung saja naik podium pertamanya di musim ini.

Sangat sulit untuk memprediksi sebelum para rider lagsung terjun ke trek balapan. Rossi dan Vinales akan start balapan dengan sedikit keuntungan setelah sebelumnya melakukan tes beberapa hari yang lalu. Hanya sedikit saja kemungkinan Rossi menang di Le Mans, mengingat sesi latihan yang mereka lakukan dalam suasana trek yang kering.

Jika motor YZR-M1 tampil kompetitif, Rossi seharusnya agak harus sedikit bernafas lega. The Docter tidak begitu bersahabat dengan kondisi trek di Le Mans, ditambah lagi situasinya juga tidak begitu baik saat menjalani tes hari senin lalu. Langkah yang diambil pada balapan pertama, ia meleleh seperti salju di bawah teriknya sinar matahari.

Meskipun Rossi tidak begitu bersahabat dengan kondisi ban yang menurutnya sangat buruk, Rossi tidak begitu harus menyalahkan hal itu. Di Le Mans nanti mungkin saja Rossi akan kembali ke jalan yang benar dengan modal dua tes singkat yang telah ia jalani beberapa waktu lalu. 

Bukan hanya rival setimnya sendiri yan sudah pasti akan menyulitkan Rossi di balapan nanti, ia juga harus memperhitungkan Marquez dan Pedrosa yang pada seri sebelumnya di Jerez, kedua pembalap itu mendominasi podium. Tim Ducati juga tengah bangkit dengan rider utamanya, Jorge Lorenzo. Setelah meraih podium pertama di Jerez, kemungkinan itu adalah titik balik bagi Lorenzo untuk tampil kompetitif dengan rider lainnya.

Semua iu tergantung pada kondisi cuaca yang tentnya sangat berpengaruh pada semua rider, karena daerah sirkuit Le Mans diprediksi akan turun hujan paling lambat sampai hari Sabtu. Semoga saja saat balapan berlangsung, cuaca di Sirkuit Le Mans membaik supaya tercegah dari sesuatu yang tidak diinginkan bagi semua rider.

Lihat juga: Highlight MotoGP Le Mans 2017: Siapakah yang Akan Membuat Sejarah di Le Mans ?



9:00 AM