Alasan Tim Yamaha Kalah dari Tim Honda saat Babak Kualifikasi

Sunday, May 7, 2017

Alasan Tim Yamaha Kalah dari Tim Honda saat Babak Kualifikasi

Sesi latihan bebas dan babak kualifikasi didominasi oleh Dani Pedrosa. Ia bahkan mengalahkan rekan setimnya, Marc Marquez, untuk merebut pole position. Cal Crutchlaw yang juga merupakan rider tim LCR Honda berhasil melengkapi posisi tiga besar di belakang Marquez.

Hal yang sebaliknya dialami oleh tim Movistar Yamaha dimana kedua pembalapnya harus rela berada di belakang para pembalap Honda. Raihan terbaik tim Yamaha diperoleh Maverick Vinales yang berhasil finis di posisi keempat pada babak kualifikasi dengan selisih 0,428 detik dari Pedrosa.

Vinales mempunyai problema tersendiri pada motor yang ia gunakan. Menurutnya, motornya sangat baik ketika melewati tikungan ke kanan. Namun ketika melewati tikungan ke kiri, dirinya sangat kesulitan dan bahkan hampir terpelintir. Hal inilah yang membuatnya merasa kesulitan untuk menyaingi tim Honda saat sesi latihan bebas dan babak kualifikasi.

“Apa yang saya rasakan, sisi kanan sangat bagus dan kami juga punya ritme yang baik saat babak kulifikasi, terutama di sektor 2 dan 4. Kami baik di semua tikungan kanan,” ujar Vinales sebagaimana dikutip dari Motorsport pada Minggu (07/05).

“Tapi pada sisi kiri sedikit lebih keras. Kami sangat kesulitan dan banyak mengalami spinning (melintir), terutama ketika mulai merebah di tikungan. Kami tidak bisa menghentikan spinning ini. Sangat sulit untuk mencetak catatan waktu yang baik, karena saya harus begitu menekan pada sisi kanan.” Lanjut Vinales.

Tim Yamaha akan menjalani sesi pemanasan (warm-up) untuk memperbaiki setingan yang pas pada balapan berlangsung. Menurut Vinales, problema ini harus segera teratasi supaya bisa menempel ketat para rider Honda.

“Semua pembalap Yamaha punya masalah ini. Dan karenanya kami harus bekerj sangat keras untuk memperbaiki set-up saat sesi warm-up. Besok akan sulit untuk menempel Honda.” Ungkap pembalap Spanyol tersebut.



8:14 AM