Akankah Rossi Kembali Berjaya di Spanyol ?

Monday, May 1, 2017

Akankah Rossi Kembali Berjaya di Spanyol ?
(gambar: cycleworld.com)

Seri keempat MotoGP musim 2017 akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 7 Mei akhir pekan minggu ini. Sirkuit ini memiliki sejarah tersendiri bagi salah satu pembalap kawakan Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Bagaimana tidak, pembalap asal Italia tersebut sudah menorehkan Sembilan kali kemenangan di sirkuit ini.

Sembilan kemenangan Rossi di Jerez diperoleh dari semuai kelas balapan (125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP). The Doctor pernah meraih satu kali kemenangan di kelas 125cc pada tahun 1997, satu kali kemenangan lagi di kelas 250cc pada tahun 1999, dan satu kali di kelas 500cc pada tahun 2001. Sisa enam kali kemenangannya diraih di kelas MotoGP yakni pada tahun 2002, 2003, 2005, 2007, 2009 dan 2016. Dari seluruh kemenangannya tersebut, Rossi tampil sebagai start terdepan sebanyak lima kali.

Dengan melihat data di atas, Rossi sendiri sepakat bahwa tidak ada perlu yang dikhawatirkan akan penampilannya di Spanyol mendatang. Dengan banyak kemenangan tersebut, Rossi justru sangat 'pede' menghadapi seri keempatnya di Jerez.

“Saya tidak terlalu merasa dalam tekanan menjelang seri MotoGP Eropa. Selama ini saya selalu berprestasi bagus dalam balap di Eropa, jadi saya pikir tahun ini akan sama saja,” ujar Rossi.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa untuk merengkuh gelar juara dunia musim ini, Rossi harus segera meraih kemenangan di seri-seri selanjutya. Bermodalkan podium saja tidak cukup untuk mengusung target juara dunia. Marc Marquez sebagai rivalnya sudah meraih satu kemenangan di GP Amerika akhir pekan lalu. Bahkan rekan setimnya, Maverick Vinales, sudah langsung mencetak dua kemenangan yakni di Qatar dan Argentina. Maka Jerez merupakan tempat pertama The Doctor untuk mencetak kemenangan pertamanya musim ini.

Jika Rossi berhasil menang di Spanyol, Rossi akan kokoh bertengger di puncak klasemen sementara. Saat ini ia terpaut 6 poin dari Vinale dan 18 poin dari Marc Marquez. 

Mampukah Valentino Rossi mewujudkan kemenangan pertamanya musim ini di Jerez ? kita lihat saja aksinya 7 mei mendatang yaa.



9:10 PM