Fakta Unik dan Menarik Menjelang GP Le Mans, Prancis 2017

Thursday, May 18, 2017

Fakta Unik dan Menarik Menjelang GP Le Mans, Prancis 2017

Seri kelima MotoGP 2017 akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis pada 21 Mei 2017. sebelum kita menyaksikan seri ini, alangkah lebih baik mengetahui terlebih dahulu fakta-fakta unik dan menarik menjelang GP Le Mans.

Berikut Fakta Unik dan Menarik Menjelang GP Le Mans, Prancis 2017

  • Dari semua rider yang sudah mengikuti balapan dari seri satu sampai seri empat, hanya empat rider yang selalu meraih poin tiap serinya, yaitu Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Scott Reddimg (Octo Pramac Racing) dan Hector Barbera (Reale Avintia Racing).


  • Pada GP Spanyol lalu, tim Honda menghasilkan pembalap yang finis di posisi satu dan dua (Dani Pedrosa dan Marc Marquez), dimana sebelumnya pernah terjadi tahun lalu di GP Jerman dengan Marc Marquez di posisi pertama dan Cal Crutchlaw di posisi kedua (LCR Honda).


  • Marc Marquez yang finis kedua di belakang Pedrosa di GP Jerez, merupakan kali pertama tim Repsol Honda mendominasi dalam satu seri sejak GP Jerman pada 2015 lalu dimana Marquez pertama dan Pedrosa kedua.


  • Di GP Spanyol lalu, pembalap Spanyol pertama kalinya mendominasi perolehan podium. Hasil ini pernah terjadi sebelumnya di GP Valensia dimana Jorge Lorenzo menang dari Marquez dan Pedrosa.


  • GP Jerez lalu merupakan kali ke-16 bagi semua para pembalap Spanyol meraih podium, 15 diantaranya dimemangkan bersamaan oleh Marquez, Lorenzo dan Pedrosa. Hanya tiga negara yang sudah melebihi raihan Spanyol yaitu Italia 17 kali, Britania Raya 23 kali dan Amerika Serikat 24 kali.


  • Jorge Lorenzo meraih podium pertamanya musim ini bersama tim Ducati. Raihan ini pernah terjadi sebelumnya di sirkuit yang sama oleh Nicky Hayden pada tahun 2011 dimana waktu itu ia meraih podium ketiga.


  • Tidak ada pembalap Yamaha yang naik podium kala menjalani seri keempat di Jerez lalu. Hal ini pertama kali terjagi pada tahun 2006


  • Valentino Rossi akan datang ke Prancis sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 62 poin. Poin tersebut terbilang sangat rendah sejak 1993. Rossi juga merupakam pembalap pertama yang memimpin klasemen setelah menjalani empat seri balapan sejak tahun 2006 oleh Nicky Hayden.

Sumber: motogp.com



4:58 PM