Zarco Harus Tahu Timing yang Tepat Saat Menyalip

Sunday, April 30, 2017

Zarco Harus Tahu Timing yang Tepat Saat Menyalip
(gambar: motorsportweek.com)

Seri ketiga MotGP Amerika akhir pekan lalu berlangsung sangat sengit dan terdapat beberapa insiden yang tak bisa dihindari. Balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) tersebut menimbulkan insiden antara Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Zohann Zarco (Monster Yamaha Tech 3). 

Pada saat balapan berlangsung, Rossi dengan sengaja memotong jalan (gravel) di lap ketujuh saat bersenggolan dengan Zarco. Tujuan Rossi ini sebenarnya tidak lain hanyalah untuk menghindari tabrakan dengan Zarco.

Akan tetapi, Rossi telah diangap melakukan race direction yang dinilai menyalahi aturan. Akibatnya, The Doctor harus menerima penalti 0,3 detik karena dengan langsungnya Rossi meninggalkan Zarco. Lain halnya jika Rossi tetap berada di belakang Zarco dan mengalah, maka ia tidak akan mendapat hukuman penalti tersebut. Namun jika hal demikian terjadi, maka lain lagi ceritanya.

Insiden Rossi dan Zarco ini menimbulkan komentar dari pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Menurutnya, aksi Zarco di MotoGP belum begitu berpengalaman hingga saat ini. Seharusnya Zarco lebih cepat bisa menyesuaikan dengan berat kecepatan di kejuaraan kelas utama ini.

"Saya tidak tahu apakah ini terkait perpindahan kelas atau bukan. Berdasarkan pengalaman saya, saat beralih ke kelas MotoGP maka pembalap harus menyesuaikan dengan berat dan kecepatan," ujar Dani Pedrosa yang dilansir dari Autosport pada Minggu (30/04).

Pedrosa juga menambahkan bahwa tingkat manuver di kelas MotoGP sangat berbeda dengan kelas Moto2. Jadi Zarco seharusnya harus mengetahui timing yang pas untuk menyalip lawanannya di lintasan.

"Ruang untuk bermanuver akan jadi terbatas di kelas utama MotoGP karena semua pembalap di kelas utama adalah yang terbaik. Oleh karena itu, Zarco harus bisa memikirkan waktu yang pas (timing) untuk menyalip atau membalap yang berada di depan," jelas Pedrosa.



3:04 PM