Syarat Rossi agar Bisa Merengkuh Gelar Juara Dunia Kesepuluhnya. Apakah Itu ?

Sunday, April 30, 2017

Syarat Rossi agar Bisa Merengkuh Gelar Juara Dunia Kesepuluhnya. Apakah Itu ?
(gambar: motogp.com)

Musim ini, Rossi memiliki peluang untuk merengkuh gelar juara dunia kesepuluhnya, dengan catatan ada syarat-syarat yang harus ia penuhi. Syarat utama untuk mewujudkan mimpinya adalah meminimalkan kesalahan bahkan jangan sampai membuat kesalahan seperti musim lalu.

Di kejuaraan MotoGP musim lalu Rossi sangat diunggulkan untuk menjadi juara MotoGP. Namun sayangnya ia harus membuat kesalahan dengan gagal finis di empat kali balapan. Tiga kesalahan tersebut ketika ia terjatuh di Austin, Assen dan Motegi.

Kesalahan pada mesin motornya membuat dirinya harus gagal finis di Mugello. Mesin YZR-MI yang ia kendarai dilanda masalah ketika bertarung sengit dengan rekan setimnya musim lalu di Movistar yamaha, Jorge Lorenzo.

Untuk musim ini, Rossi berhasil finis dari tiga kali balapan yang telah dijalani. Dengan hasil tersebut membuat dirinya kini bertengger di puncak klasemen sementara dengan mengantongi 56 poin, yang terpaut 6 poin dari rekan setimnya, Maverick Vinales, serta 18 poin dari Marc Marquez.

Menurut Loris Capirossi, kunci utama Rossi dalam merenggut gelar juara dunia musim ini adalah konsistensi. Ia bahkan menekankan Rossi harus terus menjaga konsistensi performa terbaiknya dalam meladeni pertarungan panas dengan Vinales dan Marc Marquez. Syarat ini harus ia terapkan jika memang dirinya menginginkan gelar juara dunia Musim ini.

"Dia juga akan mampu memenangi beberapa balapan. Apa yang penting adalah dia tidak membuat kesalahan seperti musim lalu,"

"Dia harus konsisten dan finis di semua balapan. Lalu, kami akan melihat berapa jumlah poin yang dia cetak pada akhir tahun."

Capirossi juga menilai bahwa kecepatan Rossi saat ini masih jauh dari Vinales dan Marquez. Jadi tak segan-segan bahwa The Doctor harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk meladeni kedua pembalap tersebut jika memang ada kesempatan bertarung merebut kemenangan.

"Tahun ini, (Rossi) mungkin sedikit kurang cepat untuk benar-benar memaksakan diri dalam pertarungan antara Marquez dan Vinales," ujar Capirossi kepada salah satu media Italia, Radio 24.

"Tapi pada beberapa kesempatan, dia akan berada di sana bersama mereka untuk memperebutkan kemenangan."

Satu syarat lagi untuk Rossi agar bisa merenggut gelar juara musim ini. Itu adalah ia harus segera mulai menang di seri-seri selanjutnya. Bermodalkan finis podium saja tidak cukup, Ia harus meraih kemenangan. Hal ini sudah ditekankan oleh mantan manajernya, Carlo Pernat. 

"Sekarang gilirannya, karena dia harus mulai menang dan dia tidak bisa selalu puas finis kedua dan ketiga. Di Eropa, dia memiliki trek yang menguntungkannya." ujar Pernat.



7:02 AM