Rossi: Kami Menemukan Sesuatu yang 'Penting' di GP Amerika

Rossi: Kami Menemukan Sesuatu yang 'Penting' di GP Amerika

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, nampaknya menikmati hasil terbaiknya pada sesi latihan bebas GP Amerika tadi malam. Ia berhasil menempati posisi keempat pada sesi latihan bebas kedua yang mengalami kenaikan dari sesi latihan bebas pertama.

Pembalap asal Italia tersebut sangat tertatih-tatih dengan gerakan front-end selama dua seri yang telah dijalani. Pada sesi latihan bebas yang telah dijalani kali ini, Rossi telah merasa nyaman dengan setingan dasar dan merasa sangat memahami sesuatu yang sangat penting.

Rossi yang pada dua seri sebelumnya selalu naik podium, kini ia menjalani balapan dengan lebih baik lagi dan ia juga tidak meminta untuk merombak kembali ban bagian depan motornya.

"Awal balapan yang lebih baik dibandingkan dengan dua seri sebelumnya (Qatar dan Argentina), yang merupakan sebuah kesalahan." ujar Rossi. "Di Argentina kita (Yamaha) lebih banyak memodifikasi keseimbangan dan sekarang kita merasa lebih baik. Bagiku, kita memahi sesuatu yang sangat penting." ujar Rossi yang dilansir dari Crash.net.

"Trek ini sangat berbeda, tapi kami tidak begitu banyak merubah motor dari seri Argentina dan pagi ini saya sudah kembali ke posisi sepuluh besar dan belum begitu jauh, sepertinya kamih masih harus bisa melakukan beberapa penyesuaian, tapi dengan setingan dasar yang lebih dimengerti."

"Anda tahu, itu tidak akan pernah selesai, karena seperti  Vinales dan Marquez yang memiliki kecepatan lebih baik dibanding saya, tapi dibandingkan dua balapan sebelumnya saya bisa mengendarai motor dengan lebih baik dan saya pikir itu untuk saya sendiri. Sekarang, casing ban bagian depan yang halus tidak lagi menjadi masalah."

Rossi telah meminta untuk kembali pada setingan ban lama di tahun 2017 ini seperti yang ia gunakan di Valencia musim lalu. Rencananya untuk menguji ban akan dilakkan tapi gagal ketika menjalani seri kedua di Argentina, namun pengujian tersebut akan tetap dilakukan pasca balapan menyusul seri berikutnya di Jerez.

"Bagi saya, lebih baik kita mencoba casing lainnya, tapi bukan untuk saya tapi untuk semuanya, karena saya merasa sedikit lebih stabil."

Catatan waktu yang dicetak Rossi pada latihan bebas ini terpaut 0,746 detik dari Marc Marquez, yang sudah memenangkan podium di COTA dalam waktu empat tahun ke belakang.

"Sore tadi saya melakukan balapan dengan ban yang lembut, saya berada di posisi keempat, dan kami harus bekerja lebih untuk meningkatkan kecepatan motor. Kami masih kesulitan dalam pengereman, tapi yang pasti dibandingkan Qatar dan Argentina, ini adalah awal yang lebih."

Sementara itu, bersama dengan rekan setimnya, Maverick Vinales, menggunakan fairing standar sebelum sebelumnya. Rossi menjelaskan.

"Di trek ini, penggunaan winglet sangat membantu. Kami banyak melakukan percepatan dari kecepatan rendah. Tapi kami juga memiliki banyak perubahan arah dan sepertinya motor kami sedikit lebih 'berat'. Jadi kami lebih memilih pelindung yang normal, tapi motor kami bagus di daerah lain." jelas Rossi.
Previous
Next Post »