Mesin Anyar KTM Siap Pakai Tiga Bulan Lagi



Desainer mesin Kurt Trieb mengatakan bahwa versi terbaru dari mesin RC16 MotoGP siap diluncurkan dalam waktu tiga bulan kedepan. Versi baru ini diberi nama Big Bang sebagaimana yang telah digunakan oleh Honda sebelumnya.

Penggunaan empat silinder yang bekerja secara bergantian merupakan mesin Big Bang kali ini. Keunggulan dari mesin ini terletak pada kekuatan dan suara mesin yang lebih lembut. Sebelumnya, KTM menggunakan mesin yang bertipe Screamer yang komponen silindernya sama seperti Big Bang. Hanya saja, empat silinder yang digunakan mesin Sceramer bekerja secara bersamaan.

“Kami memilih mesin Screamer karena lebih sederhana, ringan, dan bisa diandalkan. Saya pikir itu bukan keputusan buruk, karena kami membalap dengan lembut dan tanpa permasalahan yang signifikan dalam hal konstruksi,” kata Trieb, yang dilansir dari Crash.

“Sekarang kita sampai pada titik Anda harus berlanjut ke tahap selanjutnya dan konsep big bang ini harus dipikirkan kembali.” tambah Trieb.


Muim ini merupakan debut pertama KTM di ajang MotoGP. Pol Espargano dan Bradley Smith merupakan andalan debut pabrikan asal Austria tersebut musim ini. Pada seri perdana yang belangsung di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan lalu, kedua pembalap KTM tersebut finis di urutan bawah. Espargano mengakhiri balapan di urutan ke-16, kemudian Smith yang berada di belakangnya.
Previous
Next Post »