Keangkeran Sirkuit Termas de Rio Honda masih Terasa Sampai Saat ini


Seri kedua perhelatan MotoGP 2017 akan berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina pada Minggu (09/04/2017). Negeri Tango sudah 14 kali menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan motor hingga saat ini.

GP Argentino merupakan seri pertama MotoGP yang berlangsung di luar Eropa. Sejak tahun 2014 lalu, Termas de Rio Hondo menggantikan Sirkuit Oscar Alfredo Galvez yang menggelar balapan pada 1961 hingga 1999.

Sejumlah kalangan menilai bahwa Sirkuit Rio Hondo masuk ke dalam kelas mengengah. Kepiawaian para pembalap merupakan kunci utama kesuksesan mereka untuk bisa menaklukan sirkuit dengan panjang lntasan 4.805 meter itu. Tercatat, ada delapan lap yang harus para pembalap lahap untuk mengarungi kecepatan motornya. Sekitar 31 persen dari keseluruhan durasi balapan, waktu pengereman merupakan kategori yang cukup kronis.

Sirkuit Rio Honda memiliki 14 tikungan, Sembilan ke kanan dan lima ke kiri. Tantangan yang paling sulit adalah tikungan kelima. Para pembalap biasanya terlena dengan trek panjang yang lurus lalu lupa melakukan pengereman.

Pemilihan ban akan menentukan keberhasilan pembalap, disamping analisis struktur sirkuit. Valentino Rossi dan kawan-kawan harus berwanti-wanti untuk memikirkan hal ini karena curah hujang yang cukup tinggi di sirkuit ini.


Musim lalu, sesi pemanasan ditunda 30 menit karena hujan mengguyur deras membasahi arena balapan. Dengan demikian, seri kedua MotoGP ini tidak kalah menarik dengan seri pembuka di Qatar.
Previous
Next Post »