Crutchlaw: Honda Masih Kalah dari Yamaha

Crutchlaw: Honda Masih Kalah dari Yamaha
(gambar: rtrsport.co.uk)

MotoGP Amerika memang telah usai akhir pekan lalu dengan Marc Marquez sebagai peraih tahta mahkota di COTA. Pembalap Repsol Honda ini telah berhasil memecahkan dominasi duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Malahan, rivalnya, Maverick Vinales, terjatuh saat balapan berlangsung beberapa saat.

Seri ketiga MotoGP di Amerika telah menciptakan tim Repsol Honda sebagai pabrikan yang dominan. Bagaimana tidak, posisi lima besar diambil alih tiga pembalap Honda. Marc Marquez sebagai peraih podium pertama, kemudian Dani Pedrosa meraih podium ketiga, dan Cal Crutchlaw yang finish di posisi keempat.

Marc Marquez sebagai tim Repsol Honda berhasil meraih kemenangan, akan tetapi hal ini tidak bisa dijadikan parameter bahwa motor Honda lebih baik dibandingkan dengan motor Yamaha. Hal ini diungkapkan oleh pembalap LCR Honda, Cal Crutchlaw. Menurutnya, di seri ketiga GP Amerika tersebebut, Honda masih berada jauh di bawah Yamaha.

"Yamaha masih jauh lebih baik dibandingkan Honda di Austin, namun pebalap Honda tampil jauh lebih baik dibandingkan para pebalap yang menggunakan Yamaha." ujar Crutchlaw, sebagaimana dikutip dari Motorsport.

"Sesederhana itu. Marquez dan Pedrosa melakukan tugas dengan baik. Pada satu momen, saya sempat berpikir pebalap Honda bisa finis di posisi 1-2-3, namun kemudian Valentino Rossi tampil makin bagus di pertengahan lomba,".

Dilihat dari data statistik tim Honda, Crutchlaw melihat masih tingginya para pembalap yang mengalami kecelakaan pada awal musim ini, baik itu saat tes pramusim ataupun saat kejuaraan telah berlangsung. Dirinya dan Marquez sudah mengalami lima kali jatuh dari kuda besinya, sementara rekannya satu lagi, Dani Pedrosa sudah megalami tiga kali kecelakaan yang sama.

"Saya masih memiliki kendala seperti musim lalu yaitu dengan ban depan. Saat balapan, kami terlalu memacu ban depan dan hal itu tidaklah bagus."

"Saya rasa saya mengemudi lebih baik dari segi teknik individu. Ketika performa motor lebih baik, maka saya yakin penampilan akan lebih baik setelah ini," tutur Crutchlow.




Previous
Next Post »