Legenda MotoGP: Fenomena yang Terjadi Pada Rossi Sangat 'Aneh'

Legenda MotoGP: Fenomena yang Terjadi Pada Rossi Sangat 'Aneh'
(gambar: motogp.com)

Valentino Rossi selalu tampil mengejutkan dari tiga seri yang telah dijalani musim ini. Dari seri pertama MotoGP Qatar hingga seri ketiga di Amerika, Rossi selalu kewalahan dalam menghadapi sesi latihan bebas dan babak kualifikasi. Akan tetapi, pembalap Italia tersebut selalu melesat cepat ketika menjalani balapan.

Sebenarnya fenomena yang dimiliki oleh Rossi bukan lagi hal lumrah baga para pecinta MotoGP. Sebab, saat balapan-balapan yang telah dijalani Rossi, kerap membuat para penonton kagum dan tercengang akan aksinya. Bahkan pembalap sekaliber Jorg Lorenzo pun memiliki Julukan khusus kepada Rossi, yakni pembalap Hari Mingu.

Seri perdana musim ini di GP Qatar, Rossi memang terpuruk saat menjalani sesi latihan bebas dan babak kualifikasi. Bahkan ia harus mengawali start  dari posisi 10. Namun, kehebatannya muncul saat hari balapan berlangsung, dimana ia langsung melesat mengamankan podium ketiga.

Di Seri kedua GP Argentina, Rossi juga mengalami hal yang sama seperti di Qatar. Pembalap yang tengah berusia 38 tahun ini start dari posisi ketujuh, namun finis balapan di posisi kedua. Fenomena ini terus berlanjut higga seri ketiga di GP Austin akhir pekan lalu.

Kebiasaan aneh yang dimiliki The Doctor mendapatkan komentar khusus dari legenda MotoGP, Wayne Rainey. Ia memang sepakat dengan julukan yang diberikan oleh Jorge Lorenzo, karena Rossi kerap tampil buruk dalam sesi latihan bebas dan babak kualifikasi, namun gemlang saat balapan berlangsung.

"Valentino adalah pria tua yang sepertinya ia tahu tak perlu melakoni sesi latihan bebas, kualifikasi, dan mengembangkan motor. Pada hari minggu, ia akan mendapatkn balapan dan itulah yang bisa menjadi segalanya," ujar sang legenda MotoGP tersebut, yang dikutip dari Tuttomotoriweb.

Pembala yang meraih tiga kali gelar juara MotoGP era sembilan puluhan ini juga menambahkan bahwa Rosi kerap menampilkan penampilan tebaiknya di semua sesi baik latihan bebas maupun babak kualifikasi. Akan tetapi, kualitas sebenarnya Rossi akan muncul di hari H balapan.

"Tentu saja, ia berusaha keras dalam semua sesi tersebut. Tapi, Rossi yang sebenarnya akan muncul pada hari Mingu." tambah Wayne.

Kehabatan yang dimiliki Rossi telah membawanya memuncaki klasemen sementara MotoGP musim ini. Ia bahkan berhasil mendepak rekan setimnya di Yamaha dari tahta pemuncak klasemen di dua seri sebelumya. Kini the Doctor unggul enam poin dari Maverick Vinales yang terjatuh pada MotoGP Austin.

Satu hal lagi yang membuat Wayne kagum pada Rossi. Kualitas Rossi masih tinggi hingga saat ini dengan usia yang terbilang uzur. Padahal sebagian besar rival-rivalnya masih berada dalam kondisi produktif dan masih dalam kondisi fisik yang fit.

"Saya sudah berbicara dengan Valentino. Saya pikir ia sangat menimati balapannya, ia menikmati kompetisi, upaya, dan itu segalanya." pungkas Wayne Rainey.
Previous
Next Post »