9 Fakta Menarik dari Sirkuit Austin

9 Fakta Menarik dari Sirkuit Austin

Akhir pekan minggu ini, seri kedua MotoGP 2017 akan dilaksanakan di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas. Namun, kami memiliki rangkuman beberapa fakta menarik dari sirkuit ini yang layak untuk dibaca. Berikut ini 9 fakta menarik yang terjadi di GP Austin beberpa tahun kebelakang.

1.   Tahun ini merupkan tahun kelima suksesnya gelaran motoGP yang diselenggarakan di Sirkuit Austin. Berdasarkan data dan fakta yang diketahui, terdapat 29 Grand Prix sebelumnya yang dilangsungkan di Amerika Serikat: Daytona (2), Laguna Seca (15), Indianapolis (8), dan Austin (4).

2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) selalu memenangkan tiap balapan dari delapan kesempatannya pada balapan kelas utama MotoGP di Amerika; 4 kemenangan di Austin, 3 kemenangan di Indianapolis, dan satu kali di Laguna Seca tahun 2013 silam. Hanya satu kali dari dari delapan balapan tersebut ia tidak mendapatkan pole position, yaitu di Laguna Seca pada tahun 2013 dimana ia start di tempat kedua dari grid di bawah Stefen Bradl.

3.      Beberapa pembalap yang bersaing di kelas MotoGP yang pernah memenangkan balapan di sirkuit Amerika: Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Dani Pedrosa (Repsol Honda Team), Jorge Lorenzo (Ducati Team), dan Marc Marquez (Repsol Honda Team).

4.  Tim Ducati selalu mempunyai satu pembalap yang finis podium di Austin selama tiga tahun terakhir: Andra Dovizioso ketiga di tahun 2014 dan kedua di tahun 2015, serta Andrea Iannone ditempat ketiga tahun 2016 lalu.

5.       Jorge Lorenzo merupakan pembalap Yamaha yang finis di posisi kedua yang sekalgus merupakan pencapaian terbaik tim Yamaha di sirkuit Austin.

6.     Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) finis di posisi keempat tahun lalu, satu tingat di atas rekan setimnya Aleix Espargaro. Ini merupakan pertama kalinya sejak GP San Marino pada tahun 2007 dimana Suzuki memiliki dua pembalap yang finis di posisi lima teratas.

7.  Semua pembalap yang finis podium empat balapan MotoGP sebelumnya di sirkuit Austin merupakan para pembalap Spanyol dan Itali.

8.     Para pemenang balapan pada kejuaran Moto2 di Austin, kini bersaing di kelas utama MotoGP : Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Sam Lowes (Aprili Racing Team Gresini), dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP). Satu pembalap lagi yang pernah menang di ajang Moto2 di sirkuit Austin adalah Nico Terol, yang merupakan balapan pertamanya di sirkuit ini di tahun 2013.

9.     Tiga pembalap yang naik podium di kelas Moto2 tahun lalu di Austin (Rins, Lowes, dan Zarco) tahun  ini telah bermigrasi ke balapan kelas utama MotoGP.
Previous
Next Post »