Seri Perdana MotoGP 2017 Diprediksi Akan Diguyur Hujan

gambar: redbull.com

Seri perdana motoGP 2017 akan berlangsung di Siruit Losail Qatar, 26 Maret mendatang. Namun seri perdana tersebut diprediksi akan diguyur hujan deras. Informasi ini menimbulkan banyak reaksi bagi para pembalap. Ada yang bereaksi biasa-biasa, bahkan ada juga yang cemas.

Sebagian para pembalap diharapkan seri pertama mereka tidak diguyur hujan. Mereka harus tetap mencoba untuk turun ke balapan walaupun kondisi yang tidak positif akan menghantui mereka.

“Saya tidak melihatnya sebagai sesuatu yang positif, namun kami tidak akan tahu sampai kami mencobanya. Lagipula, akan lebih baik untuk tidak hujan sama sekali sehingga semua orang akan senang,”ujar Alvaro Bautista, pembalap Aspar Ducati.

Banyak resiko yang ditumbulkan jika sirkuit dibasahi oleh hujan lebat. Salah satu permasalahannya yaitu penyerapan cahaya atau tidak terjadi pemantulan cahaya oleh tanah. Masalah ini sudah mejadi kewaspadaan terbesar oleh para pembalap.

“Apa yang harus kita lakukan adalah pergi ke sana dan mencobanya, karena kita tidak prnah balapan di tengah hujan. Masalahnya adalah bagaimana cahaya dapat diserap atau tidak memantul di tanah,”tambah Maverick Vinales dari tim Movistar Yamaha .


Pembalap tim KTM, Pol Espargano bereaksi lebih cepat daripada pembalap lainnya. Jika kondisi hujan terjadi, ia akan menuntut harus diadakanya persetujuan dari semua pembalap yang terlibat dalam balapan ini. Apakah harus tetap dilaksanakan balapan atau ditunda. Kesepakatn ini dilakukan demi keselamatan para pembalap yang akan bertanding.

“Pada akhirnya akan mnjadi masalah kesepakatan di antara pembalap. Jadi saya tidak tahu jika nantinya pembalap tidak ditanya. Setelah kami berada di sana, kita akan berbica tentang hal ini dengan melakukan pertemuan dengan komisi keselamatan.”tegas Espargano.

Beberapa waktu yang lalu, ada kabar yang memberitakan bahwa ada kemungkinan MotoGP Qatar berlangsung malam hari yang akan diguyur hujan. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut terjadi, Loris Capirossi selaku delegasi Dorna dan Franco Uncini selaku pelaksana FIM Safety, malakukan uji coba.

Pengujian mereka akan ditekankan pada pencahayaan lampu ketika hujan. Lebih detail lagi pada efek pantulannya di aspal. Kondisi ini kemudin disimpulkan bahwa tidak menimbulkan bahaya atau mengganggu pandangan pembalap. Namun ada beberapa orang yang berpendapat bahwa pengujian seperti ini akan berbeda dengan fakta yang sebenarnya.


Kondisi Siruit Losail yang diguyur hujan sebenarnya sudah terjadi di musim 2009 lalu. Waktu itu balapan berlangsung minggu malam hari, namun harus ditunda menjadi Senin. Hal ini telah menjadi catatan sejarah tersendiri selama ini yang belum pernah terjadi di balapan MotoGP yang digelar pada hari Senin.
Previous
Next Post »