Luar Biasa, Desain Sayap Revolusioner Yamaha Ternyata Lolos Aturan MotoGP

gambar: sport.viva.co.id

Di ajang MotoGP 2017 yang akan segera di mulai, Yamaha akan menggunakan fairing Revolusioner dengan winglet yang tersembunyi. Nyatanya desain ini lolos sesuai dengan regulasi MotoGP musim ini. Lalu bagaimana hal ini bisa disetujui ?

Winglet yang  berada di bagian dalam akan berpengaruh terhadap performa motor di arena balapan. Winglet ini digunakan untuk menambah down force “kuda besi” supaya cengkraman pada aspal lebih kuat dari sebelumnya.

MotoGP melarang penggunaan winglet musim ini karena alasan demi keselamatan para pembalap. Winglet masih bisa digunakan asalkan tidak menempel pada body streamlining motor dalam bentuk sayap, sirip, atau tambahan yang menonjol.

Yamaha melakukan terobosan terbarunya mengenai masalah winglet. Mereka mendesain winglet menyatu dengan motor M1 terbarunya. Mereka mencoba untuk tidak memisahkannya seperti tahun sebelumnya. Desain ini sudah mendapatkan “lampu hijau” oleh MotoGP technical directing, Danny Aldridge.

“Bagi saya itu diperbolehkan karena, meski peraturan melarang ada tonjolan,alasannya desain ini membentuk lekukan yang halus, radius yang sama dari atas sampai bawah. Secara keamanan, ini sempurna,” ujar Aldridge yang dilansir dari Crash.

“Yang anda lihat di Yamaha adalah yang kami harapkan. Peraturan ini membuat para manuaktur bisa melakukan sesuai keinginan mereka (di dalam fairing) untuk masalah aerodinamika,”lanjutnya.

Pihak MotoGP terkejut dengan desain yang dikeluarkan oleh Yamaha. Hal ini dikarenakan motor-motor lain masih diperkenankan untuk menggunakan winglet mereka sampai balapan pembuka pada 26 Maret mendatang di sirkuit Qatar.

Sampai saat ini, pihak motoGP belum memberi izin kepada manufaktur lain mengenai desain mereka.

“Tidak, tidak ada sama sekali. Ada yang sudah memberikan, ada yang belum. Maih dalam proses memperlihatkan desain mereka, dan itu keputusan tim kapan ingin memperlihatkannya. Secara teknis, mereka tidak perlu memperlihatkan pada saya sampai kita ke GP Qatar,” ungkapnya.

Aldridge mengingatkan kepada semua tim untuk memperlihatkan desain terbaru mereka sebelum balapan dimulai. Hal ini dikarenakan bisa dianggap ilegal oleh para pengawas pertandingan. Tengat waktu yang telah ditetapkan oleh motoGP yaitu hari kamis pukul 05.00 sore, sehari sebelum sesi latihan dimulai.


Sumber: crash.net
Previous
Next Post »