Kerja Sama Rossi dengan Sky Tingkatkan Pupularitas MotoGP

gambar: Motosport.com


Sky Racing Team VR46 baru saja mengeluarkan inovasi terbaru mereka pada kejuaran dunia MotoGP 2017. Tim yang dimiliki oleh Valentino Rossi ini bukan menggaet perusahaan sebagai sponsor, tetapi sebagai partner.

Rossi menjalin kerja sama dengan Sky untuk membentuk tim balapan pada tahun 2014 lalu. Pembentukkan ini juga dilakukan pada tahun yang sama saat stasiun televisi dan perusahaan media itu untuk membeli hak siar MotoGP di Italia.

Visi dan Misi yang diusung Rossi sangat sama dengan Sky. Rossi telah memiliki akademi balap VR46 dengan tujuan untuk membantu para pembalap muda Italia supaya bisa bersaing di kancah internasional. Inovasi yang dimiliki Rossi sejalan dengan Sky, yaitu melakukan investasi di banyak bidang seperti kuliner, musik, sampai olahraga. Hal ini Sky lakukan untuk mengembangkan talenta generasi muda negeri Pizza tersebut.

Rossi dan Sky akan memulai proyek pertamanya dengan terjun di kelas Moto3. Berkat enam kemenangan dan 15 podium selama tiga musim terakhir, Sky Racing Team VR46 akan ikut berkompetisi di dua kelas pada musim 2017 yakni Moto2 dan Moto3.

Semua pembalap Sky Racing Team VR46 berasal dari Italia. Stefano Manzi dan Francesco Bagnaia akan diturunkan di kelas Moto2. Untuk kelas Moto3, mereka megandalkan duet Nicolo Bulega dan Andrea Migno.

“Tujuan kami sejak awal adalah memberikan kesempatan kepada talenta muda Italia untuk berkembang dengan dukungan tim profesional yang berpengalaman. Kami bukan sponsor, melainkan partner. Sebagai perusahaan kami berinvestasi untuk pembalap muda Italia. Secara tak langsung, ini juga merupakan investasi buat MotoGP karena kami membantu mendidik calon juara dan mengenalkan mereka kepada fans,” ujar penanggung jawab proyek Sky Racing Team VR46, Elena Sachi, yang dikutip dari BSN.

“Dahulu Italia merupakan kiblat balap motor. Namun, dalam beberapa tahun terakhir pembalap Spanyol begitu dominan. Kini para pembalap Italia mulai memperlihatkan eksistensinya, terutama di kelas Moto2 dan Moto3,” lanjut Sachi.

Kini keberadaan pembalap Italia di seluruh kelas kian bertambah, sehingga pelanggan Sky bertambah juga. Investasi ini membuahkan hasil yang manis bagi Sky.

“Proyek kami mendapat sambutan positif dari para pelanggan. Konsumen kami bukan Cuma mengenal dan mendukung pembalap Italia yang ada di MotoGP, tapi juga yang masih di kelas Moto2 dan Moto3. Imbasnya, pelanggan TV berbayar kami bertambah,” pungkas Sachi.

Sky membutuhkan pembalap sebagai generasi penerus Rossi. Kerjasama dengan Rossi dan VR46 academy sangat krusial unuk menemukan suksesor Rossi ataupun dalam mensiasati pergeseran generasi setelah pensisunnya Rossi. MotoGP tentunya juga terkena imbasnya mengingat generasi muda punya ketika era Rossi berakhir. Hal ini juga menjaga popularitas MotoGP.


Sky bukan satu-satunya stasiun televisi yang berinvestasi di MotoGP. Stasiun televisi Spanyol Movistar juga berinvestasi untuk para pembalap MotoGP di negeri Matador. Ia juga mensponsori tim pabrikan Yamaha yang diperkuat oleh Rossi dan Vinales. Namun, sky memiliki keunikan tersendiri, dimana kerjasamanya dengan Rossi dalam bentuk Sky Racing Team VR46 memiliki keuntungan jangka panjang yang efeknya sangat massif.

sumber: bsnsport.com
Previous
Next Post »