Ducati Rahasiakan Fungsi Salad Box, Tapi Abaikan Fungsi Winglet

gambar: tcmblog.com

Pada tes pramusim kedua yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island Ausrtalia, tim Ducati Corse tidak menampilkan perangkat terbaru mereka pada motor Desmosedici GP17. Sampai saat ini pun, Tim Ducati belum mempublikasikan mengenai bentuk fairing terbarunya dan juga fungsi salad box di bagian buntut motor. Penggunaan salad box ini sudah diperlihatkan saat tes MotoGP di Sepang Malaysia pada awal Februari lalu.

Sampai saat ini kedua pembalap mereka, Lorenzo dan Dovizioso tidak mengeluhkan soal aerodinamis motor yang telah mengalami perubahan pada winglet. Lorenzo justru lebih mengeluhkan pada cornering Speed Desmosedici GP17 yang dirasanya belum optimal.

“(Motor) Ducati masih punya kekurangan pada cornering speed saat (tes Phillip Island), jadi harus memainkan gas lebih agresif. Ini merupakan cara berkendara yang berbeda (buat saya),” curhatan Lorenzo yang dilansir dari Crash.


Pabrikan asal Borgo Panigale harus bekerja ekstra karena penggunaan winglet yang ditiadakan. Situasi ini membuat mereka harus membuat downforce Desmodici GP17 lebih baik. Namun untungnya, Lorenzo maupun Dovizioso tidak terlihat mengalami kesulitan saat menggunakan power motor Ducati yang lebih besar.

“Motor kami sudah dirancang menggunakan winglet, jadi saat ini cukup sulit bagi kami tanpa menggunakan winglet. Tapi, dua pembalap kami tidak mengeluhkan (wheelie) saat ini,” ungkap CEO Ducati, Domenicalli saat berkunjung ke Jakarta pada Jum’at (17/2/2017).


Perihal masalah pada fairing yang digunakan, Domenicalli sedikit berkilah. Menurutnya, Ducati belum akan menggunakan fairing terbaru mereka untuk MotoGP 2017. Saat tes Moto GP Australia, Lorenzo dan Dovizioso tidak terlihat menggunkan motor dengan faring anyarnya.

“kamu menanyakan fairing kepada saya, apakah kamu sudah lihat fairing baru Ducati? Pembalap saya tidak mengeluhkan (downforce) saat ini. Kami beum tentu menggunakan fairing baru,” lanjut Domenicalli.


Mengenai masalah fungsi salad box, Domenicalli tidak berbicara sedikitpun tentang hal itu. “(Fungsi salad box) itu rahasia.” Pungkasnya sambil tertawa.
> Ducati Rahasiakan Fungsi Salad Box, Tapi Abaikan Fungsi Winglet
Previous
Next Post »