Balapan MotoGP Akan Tetap Dijalankan Meski Sirkuit Losail Diguyuri Hujan

gambar: motoamerica.com

Penyelenggaraan perdana MotoGP 2017 akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 26 Maret mendatang. Kondisi cuaca turun hujan tidak akan mempengaruhi berlangsungnya balapan. Meskipun hujan mengguyur sirkuit ini, balapan akan tetap dilangsungkan sebagaimana keputusan yang telah ditetapkan.

Musim-musim sebelumnya, pihak penyelenggara MotoGP selalu dikhawatirkan dengan cuaca turunnya hujan di arena sirkuit. Lintasan yang basah bisa berpengaruh negatif terhadap para pembalap.

Pantulan cahaya yang dihasilkan oleh lampu di lintasan yang basah ditakutkan akan mengganggu penglihatan para pembalap. Telebih lagi jika pembalap tekena cipratan ke wajahnya sehingga kecelakaan pun mungkin terjadi. Pada musim 2009 lalu, balapan di sirkuit Losail diundur di hari berikutnya karena guyuran hujan yang membasahi lintasan. Musim 2009 ini merupakan musim terburuk yang dialami oleh sirkuit Losail.

Pihak IRTA bersama dengan Franco Urini dan Loris Capirossi melakukan tes di sirkuit Losail. Sirkuit ini dijajal dengan keadaan basah dan disinari dengan pantulan cahaya lampu. Keduanya memutuskan bahwa kondisi tersebut aman karena tidak memantulkan cahaya yang akan membuat para pembalap keteteran.

Michelin-pun telah diminta untuk membawa ban hujan ke Qatar pada waktu tes pramusim terakhir demi melakuka tes kolektif.


Keputusan ini hanya berlaku untuk balapan MotoGP untuk sementara waktu. Para pembalap akan melakukan sesi latihan jika terjadi hujan pada hari balapan. Kelas Moto3 dan Moto3 masih belum bisa memutuskan mengenai pemberhentian karena guyurn hujan yang mengenai lintasan. Jadi ketika hujan terjadi, balapan akan dihentikan sejenak sampai waktu yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.
Previous
Next Post »