Sekelumit Tentang Karir Lorenzo


Jorge Lorenzo Guerrero lahir di Palma de Mallorca, Spanyol pada 4 Mei 1987. Ia mengawali debut di dunia balapan motor pada tahun  2002 di seri Spanyol kelas 125cc. Waktu itu ia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena relgulasi MotoGP mengharuskan usia minimal yaitu 15 tahun. Namun ia mengikuti sesi kedua kualfikasi karena saat itu tepat dihari ulang tahunnya yang ke15. Tahun berikutnya ia memenangi Grand Prix Pertamanya pada seri Rio de Janeiro di Brazil.
Dua tahun berikutnya yaitu tahun 2005 ia terjun ke kelas 250cc. Pada saat itulah ia diperhitungkan di dunia MotoGP dengan meraih 6 kali podium tahun itu. Pada tahun 2006 ia berhasil meraih kemenangan balapannya di kelas 250cc di Qatar. Ditahun 2006, Lorenzo juga menoreh banyak prestasi dengan berhasil meraih 8 kali kemenangan dan 10 pole position yang segaligus menjadikan dirinya menjadi juara dunia MotoGP kelas 250cc.
Ditahun 2007, Lorenzo berhasil mempertahankan mahkota juaranya dengan memenangi 9 kemenangan dan 9 kali pole position.  Kemengan ini membuatnya menjadi pembalap spanyol yang paling sukses di arena kelas 250cc dengan total 16 kemnangan. Prestasi ini mengungguli pembalap asal negaranya sendiri yaitu Daniel Pedrosa dan Sito Pons dengan 15 kemenangan.

Pada 25 Juli 2007 ia resmi bergabung dengan Flat Yamaha yang sekaligus menjadi rekan Valentino Rossi untuk tahun 2008 dan 2009. Seri pertamanya pada tahun 2008 ia langsung merebut pole position dan sekaligus menjadikan ia orang kedua yang melakukan itu sejak Max Biaggi yang melakukannya pada tahun 1998. Tiga seri berikutnya ia mempertahankan pole position-nya dan memenangi kelas MotoGP untuk petama kali di sirkuit Estoril, Portugal. Di MotoGP Grand Prix of China ia hanya mampu finish di posisi ke-4 saat lomba dan di seri berikutnya di seri Le Means ia hanya finish di posisi ke-2. Di dua seri tersebut ia mengalami kecelakaan namun berhasil meraih posisi yang bagus saat balapan. Di ser Mugello dan sirkuit Catalunya ia gagal mengikuti balapan setelah lagi-lagi terjatuh. Hingga akhirnya pada tahun 2008, secara keseluruhan ia hanya berada di posisi ke-4 klasemen dengan 190 poin.
Masuk ke musim 2009, Lorenzo semakin bertambah kuat dan semakin matang . Ia bahkan mampu menempel ketat seniornya di Yamaha yaitu Valentino Rossi di tim Yamaha. Di musim ini ia berhasil duduk di posisi ke-2 klasemen dengan meraih 4 juara balapan, 5 pole position, 12 podium, dengan raihan poin 261.
Di tahun 2010 Lorenzo kembali mengunci gelar juara. Pada balapan pertama di Qatar, ia berhasil finish di posisi ke-2. Kemudian ia meraih empat kemenangan dari  enam lomba awal. Imenjadi pembalap spanyol pertama sejak Alex Crivill di tahun 1999 yang mampu menjadi juara MotoGP.

Tahun 2015, Lorenzo kembali menjadi Juara dunia MotoGP dengan dibantu oleh Marc Marquez yang merupakan pembalap asal negaranya Spanyol. Dengan raihan ini, ia meraih 3 kali juara Dunia MotoGP sepanjang karirnya.

Sumber:wikipedia 
Previous
Next Post »