Meniti Karir Andrea Ianone


Andrea Ianone lahir di Vasto, Italia pada 9 agustus 1989. Ia mengawali karir di dunia balapan dari pocket bike. Ia berpartisipasi di kejuaraan balap Italia dan Spanyol sebelum kemudian pindah ke GrandPrix 125cc. Kemenangan pertamanya ia raih di sirkuit Shanghai pada tahun 2008. Pada tahun 2009, ia memenangkan dua seri pertama. Namun sampai musim ini berakhir, ia hanya menambah satu kemenangan yang membuatnya harus berada di urutan ke-7 klasemen.

Pada tahun 2010, Ianone pindah ke seri Moto2. Awal musim ini merupakan awal yang buruk bagi debut pertamanya di Moto2. Dia berhasil menang di seri Mugello dan Assen yang membuatnya naik ke posisi 4 klasemen. Di seri Barcelona ia sanagat kompetitif, namun sayangnya harus mendapat hukuman pinalti setelah menyalip yuki Takahashi saat bendera kuning dikibarkan. Ia menoreh satu kemenangan di seri Aragon yang merupakan kemenangan terakhirnya di musim ini. Ia hanya mampu berada di posisi ke-3 klasemen hingga akhir musim.

Tahun 2011 merupakan musim yang sangat tidak konsisten baginya. Ia tidak konsisten dalam meraih hasil yang bagus. Ia juga sering berada di luar peringkat 10 saat kualifikasi. Namun di akhir musim, ia berhasil duduk di posisi ke-3 setelah seri terakhirnya di Valencia mampu mengalahkan Alex de Angelis.

Ianone bertahan di Moto2 untuk musim 2012. Ia finish di posisi kedua di Grand Prix Qatar yang kalah dari Marc Marquez di trek lurus sebelum menyentuh gasis finish. Pada tiga balapan terakhirnya ia finish di posisi ke-15, 5, dan 4. Kemenangannya di musim 2012 ia dapatkan di Grand Prix Catalunya. Ia juga meraih kemenangan pada balapan Mugello yang membuatnya berada di posisi ke-2 klasemen di akhir musim.


Tahun 2013, ia mulai terjun ke MotoGP bersama dengan Pramac Ducati milik Loris Capirossi dengan rekan satu tim Bens Spies. Di musim 2017 yang akan segera bergulir, ia begabung bersama Suzuki Ecstar.
Previous
Next Post »