Hasil Tes Kedua Sesi Kedua Sepang, Ianone di atas Rossi dan Lorenzo


gambar: motorlands.eu

Anrea Ianone menjadi pembalap tercepat di hari kedua tes pramusim resmi MotoGP 2017 yang berlangsung di Sepang, Malaysia pada Selasa (31/1/2017). Namun yang menjadi perhatian utama dari tes kedua ini ialah kedua pembalap Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi. 

Rossi dan Vinales tengah menguji fairing baru pada motor YZR-M1 dengan winglet tersembunnyi (concealed winglet). Hal itu dilakukan untuk mengakali larangan sayap aerodinamika yang menonjol pada musim 2017.

Johann Zarco yang merupakan debutan dari tim Tech 3 Yamaha berhasil menjadi pembalap pertama yang menembus waktu 2 menit 1 detik. Alvaro Bautista dari Aspar Ducati dan Vinales dari Yamaha nyaris saja mempertajam catatan waktu Zarco. Namun Ianone membukukan dengan waktu 2 menit 0,402 detik.

Pembalap VDS Honda, Tito Rabat, mengalami crash di tikungan 11 dua jam sebelum tes berakhir. Balapanpun harus ditunda selama sejam. Rabat diperiksa oleh tim medis sebelum akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Putrajaya untuk menjalani pemindayan sinar-X dan pemeriksaan lanjutan. Menurut informasi yang diterima bahwa Rabat mengalami cedera lutut kiri dan pergelangan tangan kanan.

Setelah sempat dihentikan sementara waktu, tes kembali dilajutkan. Para pembalap menggunakan waktu 30 menit untuk melakukan simulasi kualifikasi dengan ban barunya. Hectro Barbera(Avintia Ducati), Bautista, dan Zarco bergantian melakukan waktu tercepat. Namnun 11 menit sebelum berakhir, Ianonne kembali melesat dengan menorehkan waktu 1 menit 59,452 detik. Hasil yang diperoleh Ianone ini tidak bisa lagi disusul oeh para pembalap lainnya.

Fairing baru Yamaha dengan winglet tersembunyi memberikan dampak negatif bagi kedua pembalap mereka Vinaes dan Rossi. Vinaless berhasil berada di posisi kedua sementara Rossi di posisi keempat. Bautista mejadi pemisah kedua pembalap Movistar Yamaha ini.

Sementara itu pembalap Ducati, Jorge Lorenzo sudah lebih kompetitip dibandingkan tes pertama. Pada tes pertama, Lorenzo duduk di posisi ke-27, namun untuk tes kedua kali ini ia naik ke posisi delapan. Marc Marquez menjadi pembalap Honda tercepat dengan duduk di posisi ke-10. Namun ia sempat berhenti karena trek yang diduga akibat masalah elektrik.

Pada tes pertama Casey Stoner berhasil mejadi yang tercepat. Namun untuk sesi kedua ini ia tidak turun. Catatan waktu Stoner pada sesi pertama lebih lambat 0,228 detik dibandngkan catatan waktu terbaik Ianone pada sesi kedua.

Berikut ini daftar 10 besar dari hasil tes kedua.
1. Andrea Ianone (Suzuki Ecstar)
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha)
3. Alvaro Bautista (Pull&Bear Aspar)
4. Valentino Rosssi ((Movistar Yamaha)
5. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3)
6. Hector Barbera (Reale Espansorama Racing)
7. Andrea Davizioso (Ducati)
8. Jorge Lorenzo (Ducati)
9. Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3)
10. Marc Marquez (Repsol Honda Team)

Sumber: Autosport.com
Previous
Next Post »