Sirkuit Spa-Francorchamps Belgia


Setelah selama satu bulan jeda, Formula 1 akan kembali digelar di sirkut Spa-Francorchamps Belgia yang akan berlangsung pada minggu 28 agustus mendatang.

Sirkuti Spa-Francorchamps Belgia merupakan salah satu sirkuit bersejarah pada perhelatan Formula 1. Sirkuit ini juga merupakan sirkuit terkenal dengan pembalap dan para fansnya.

Pada tahun 1970 ketika final Grand Prix panjangnya masih 14 km yang pada saat itu Chris Amon sebagai yang tercepat dengan kecepatan rata-rata di bawah 245 km/jam. Namun untuk saat ini, sirkuit ini mengalami perombakan dengan jarak lap dikurangi dan setiap tikungannya dipermudah. Saat ini panjang dari sirkuit ini yaitu 14.9 km yang mengalami sedikit penambahan dari 1970 lalu.

Sirkuit ini pernah tidak masuk ke dalam kalender formula 1 sampai 1983 karena adanya renopasi. Salah satunya adalah pengurangan panjang lap yang hanya dibawah 7 km.

Sirkuit ini pertama kali digunakan pada tahun 1924, yang memiliki panjang lintasan saat ini 7.004 km dan memiliki 19 tikungaan dengan 10 ke kiri dan 9 ke kanan. Para pembalap akan melahap sebanyak 44 lap dengan jarak balapan 308.052 km.

Sirkuit Spa merupakan sirkuit terpanjang sejak 20 tahun yang lalu. Perpaduan antara trak yang lurus dan tikungan yang indag, menjadikan sirkuit ini sebagai tempat terfavorit bagi para driver.

Cuaca di tempat ini tidak cukup baik karena dapat mengalami hujan disalah satu bagian namun kering dibagian yang lainnya. Tidak hanya itu, secara tiba-tiba terjadi perubahan elevasi. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para driver yang menuntut untuk siap bersiaga.


Sumber: formula1.com
Previous
Next Post »