Kedepan, Mobil Formula One Akan Tertutup


FIA dan tim mcclaren merilis sebuah desain mobil Formula One yang akan digunakan pada masa yang akan datang. Kita tahu mobil F1 masa kini memiliki kokpit pada pengemudi yang terbuka. Hal inilah yang menjadi perhatian bagi seluruh pecinta balap mobil karena dengan kokpit kemudi yang terbuka, tentu akan mengundang bahaya yang cukup besar.

Kecelakaan-kecelakaan fatal sering terjadi dan juga membuat nyawa pembalap terancam. Yang terbaru terntu masih segar dalam ingatan kita yaitu tragedi Julies Bianchi pada GP Suzuka Jepang pada tahun 2014. Mobil Bianchi menabrak sebuah truk derek yang sedang mengangkat mobil pembalap lainnya. Bianchi kehilangan kontrol pada mobilnya karena saat itu trek licin imbas turunnya hujan. Pengamat mengatakan seharusnya kejadian itu bisa diantisipasi dengan cara kokpit kemudi ditinggikan beberapa centi (hal tersebut menjadi regulasi terbaru pada musim depan).



Nah tentu FIA sadar bagaimana resiko yang diterima setiap pembalap sangatlah besar dan FIA tidak mau kecolongan lagi.

Mobil Formula One nantinya akan tertutup. Dengan desain futuristik yang memikat tentu membuat mobil formula one semakin memikat. model yang aerodinamis dengan kokpit tertutup membuat kita seperti melihat sebuah pesawat jet yang mengebut didaratan. Tentunya dengan desain terbaru ini dilengkapi juga dengan piranti-piranti yang juga semakin canggih. Kabarnya didalam kokpit, akan dilengkapi dengan monitor-monitor yang terhubung dengan team dan pembalap dapat melihat catatan waktu, gap dengan pembalap lain dan juga informasi-informasi dari tim. Tapi yang terpenting, dengan desain baru tersebut, keamanan pembalap akan semakin terjamin.

masih belum diketahui kapan mobil F1 dengan kokpit tertutup ini akan dugunakan. Namun santer diberitakan bahwa mobil F1 ini digunakan pada musim 2017 mendatang
Previous
Next Post »